News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pacuan Kuda Piala Tiga Mahkota

Xerxes si Raja Persia tak Ada yang Berani Melawan

Penulis: Toni Bramantoro
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ir.Iman Hartono (kiri) Ketum PP Pordasi Eddy Saddak.

TRIBUNNEWS, COM. JAKARTA - Xerxes Eclipse sudah jadi pemenang bahkan sebelum perlombaan digelar. Itu komentar beberapa pemilik kuda terkait terkait penampilan Xerxes Eclipse, salah satu kuda milik Ir.Iman Hartono dari Eclipse Stable.

"Tak ada yang berani melawan Xerxexs Eclipse," kata pelatih Berty Sondakh, beberapa saat sebelum perlombaan Kelas 2 Tahun Pemula A/B jarak 1000 meter pada Kejuaraan Pacuan Seri-1 Piala Tiga Mahkota digelar, Minggu (27/3) sore di Pulomas, Jakarta Timur.

Xerxes Eclipse menjadi salah satu peserta di kelas ini. Kuda berjenis Jantan Jragem berusia 2 tahun dari perkawinan Kenninsky dengan Toure ini sebenarnya "hanya" dijadikan unggulan kedua, setelah kuda Jayakarta, milik Ketua Pengprov Pordasi DKI Jaya Alex Asmasoebrata.

Apesnya, sehari sebelum perlombaan, Jayakarta mengalami cedera saat berlatih, dan akhirnya tak bisa ditampilkan.

Maka, Xerxes Eclipse pun berlari tanpa mendapatkan perlawanan berarti dari 11 lawannya.

Xerxes Eclipse mencatat waktu 1.04, 60 dt saat mencapai garis finis, meninggalkan lawan-lawannya jauh dibelakang. Urutan kedua, Lady Agogo dari Sumbar, terpaut sekitar 10 meter dibelakang.

"Waktu tampil pertama kali di Jateng Derby, Januari lalu, Xerxes Eclipse ini meninggalkan peringkat kedua jauh di belakang, sekitar 20 kali kuda," papar Ir.Iman Hartono, pemilik Xerxes Exlipse.

Xerxes Eclipse baru dua kali ditampilkan, yakni di Jateng Derby di kelas perdana jarak 800 meter, dan di Pulomas ini.

"Xerxes ini memang jarang saya turunkan karena ini salah satu kuda kesayangan saya, jadi eman (sayang) saja rasanya," ungkap pengusaha plywood dan kontraktor di Solo itu.

Xerxes Eclipse diambil dari nama raja Persia, Xerxes. Pernah menyaksikan film "300" yang sukses di tahun 2006 dan sekuelnya, "300, Rise of The Empire?" Nah, Xerxes, yang diperankan oleh Rodrigo Santoro, adalah Raja Persia yang berhasil "membunuh"
kstaria Sparta, Leonidas, yang diperankan Gerard Butler.

Xerxes mungkin tokoh antagonis--nama dari segi karakteristik, nama Xerxes tentunya punya kesan tersendiri. tb

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini