News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

JAPFA kirim GM Susanto Megaranto ke Piala Dunia

Editor: Toni Bramantoro
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

JAPFA kirim Susanto ke Piala Dunia

KHANTY MANSIYSK - Pertarungan catur untuk merebut Piala Dunia Catur FIDE dibuka malam ini.

Ada 128 pecatur dari 47 negara yang menang di zona penyisihannya masing-masing akan ikut bertarung.

Salah satunya GM Susanto Megaranto yang untuk ketiga kalinya menguji keberuntungannya di piala dunia. Sebelumnya, dalam pertandingan yang kalah harus pulang ini, Susanto hanya mampu bertahan hingga putaran pertama. "Kali ini saya ingin hasil yang lebih baik," katanya.

Lawan perdana Susanto pada pertandingan babak pertama di ajang Piala Dunia catur FIDE kali ini adalah GM Sergey Karjakin dengan elo rating 2760.

Sergey merupakan Grand Master termuda dengan usia 12 tahun 7 bulan. Capaian tersebut memastikan GM Susanto Megaranto akan menghadapi pertandingan keras pada ronde pertama.

"Meskipun lawan sangat berat, saya akan memberikan yang terbaik bagi merah-putih," ujar GM Susanto saat pembukaan Fide World Cup pada Senin, 9 September 2019

Menguji Kemampuan

Piala Dunia Catur FIDE kali ini akan mempertemukan 128 pecatur dari 47 negara dengan sistem gugur di setiap babaknya. Sistem gugur tersebut diyakini akan menunjukkan kemampuan optimal para pecatur. Pasalnya, di setiap babak seorang pecatur akan bermain dua kali dengan bidak putih dan bidak hitam.

Barulah kemudian disusul dengan tanding catur cepat. Namun, apabila dalam pertandingan pertama babak pertama tidak terjadi remis maka otomatis pecatur kalah wajib angkat koper.

“Bukan soal menang atau kalah, yang terpenting GM Susanto Megaranto dapat terus teruji di pertarungan tingkat dunia,’ ujar R. Artsanti Alif, Ketua Kontingen Tim Catur Indonesia. "Meskipun lawan sangat berat, saya akan memberikan yang terbaik bagi merah-putih," ujarnya.

Malam pembukaan itu merah-putih menjadi salah satu yang berkibar di antara 46 bendera negara lainnya.

Artsanti mengatakan bahwa GM Susanto telah dipersiapkan selama lima hari sebelumnya di Moscow di bawah bimbingan GM Ruslah Shcherbacov, Analis dan pelatih catur dari Rusia.

Latihan tersebut merupakan bentuk komitmen JAPFA untuk mempersiapkan GM Susanto untuk menghadapi pecatur rangking ke-15 dunia.

“GM Sergey memiliki kemampuan untuk bermain posisional yang kuat. Senada dengan gaya tarung Susanto,” ujar Artsanti yang menjabat sebagai Vice President Head of Social Investment JAPFA. “Susanto sudah melakukan riset sergey dan sangat disiplin dalam berlatih, harapannya bisa memberikan langkah-langkah kejutan untuk lawannya,” imbuhnya.

Menurut Artsanti meski bukan perjuangan yang mudah, GM Susanto tampaknya masih memiliki harapan untuk setidaknya menahan imbang GM Sergey.

“Bukan hasil akhir yang terpenting tetapi peluang untuk bertanding dengan pecatur kelas dunia merupakan kesempatan yang harus dimanfaatkan. JAPFA akan terus mendukung GM Susanto untuk bekiprah di pertarungan catur tingkat dunia,” tutur Artsanti.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini