News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Bupati Bogor Minta Formi Membangkitkan Olahraga Tradisional

Editor: Toni Bramantoro
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bupati Bogor Minta Formi Membangkitkan Olahraga Tradisional

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR - Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kabupaten Bogor berupaya menggalakan kembali olahraga tradisional.

Upaya FORMI itu langsung mendapat respon positif dari Bupati Bogor, Ade Yasin.

Ade Yasin meminta para pelaku dan pengurus yang ada di FORMI kabupaten Bogor untuk bisa kembali mengaktifkan kegiatan olahraga tradisional dikalangan pelajar, remaja atau kaum milenial di Kabupaten Bogor.

“Dengan mengenalkan kembali olahraga tradisional yang sempat  jadi permainan rutin anak-anak zaman 70an hingga 90an, maka secara tidak langsung Kabupaten Bogor ikut memberikan kontribusi nyata dalam pelestarian olahraga tradisional yang sempat berkembang dan jadi olahaga anak anak zaman dulu,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ade Yasin berharap FORMI Kabupaten Bogor membangkitkan kembali olahraga tradisional yang sempat ada di Bumi Tegar Beriman di era dulu seperti olahraga sumpitan, egrang, galah, dagongan dan bakiak.

Tidak hanya itu, Ade Yasin juga minta ke FORMI Kabupaten Bogor untuk menghadirkan olahraga kasti kepada kalangan pelajar dan umum di Kabupaten Bogor, utamanya olahraga kasti.

"Permainan kasti termasuk olahraga tradisional dan pada zaman dulu jadi olahraga favorit anak-anak atau remaja yang ada di Kabupaten Bogor,” ungkapnya.

Ade Yasin menilai filosofi yang terkandung dalam olahraga kasti akan meningkatkan ketangkasan dan kekompakan semua individu yang terlaibat dalam permainan kasti .

“Saya minta FORMI Kabupaten Bogor harus bisa membangkitan kembali olahraga kasti di kalangan anak anak milenial atau pelajar  saat ini,” paparnya.

Jika Pandemi Covid-19 sudah usai, sambung Ade Yasin, FORMI Kabupaten Bogor harus bisa menggelar festival olahraga kasti mulai tingkat desa, tingkat kecamatan dan sampai tingkat Kabupaten Bogor .

“Bila perlu Kabupaten Bogor bisa jadi tuan rumah Festival Olahraga Kasti tingkat Jabar atau tingkat Nasional dan eventnya dilakukan di destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bogor," tuturnya.

Ini jelas, tambah Bupati Bogor, akan sangat selaras dengan tagline Sport Tourism.

“Mudah mudahan Pandemi Covid-19 segera  berlalu hingga semua agenda festival olahraga  tradisional kasti bisa dilakukan di Kabupaten Bogor,” tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini