News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Susanto Megaranto Ambil Alih Posisi Teratas Di Babak Tujuh JAPFA Fide Rated Chess Tournament 2021

Editor: Toni Bramantoro
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Susanto Megaranto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Grand Master (GM) Susanto Megaranto yang menjadi unggulan di JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021 kembali mengambil alih puncak klasemen hingga babak 7.

Menyelesaikan babak 7 Megaranto (2548) memimpin dengan point 6,5 dibayangi ketat Surya Wahyudi (2199) posisi kedua dengan raihan point sama.

Hari ke-4 Megaranto menambah 1,5 point usai bermain remis dengan Surya Wahyudi dibabak 6 dan menundukkan Ahmad Fauzi. Hasil yang sama juga dicapai Surya yang merupakan pecatur anggota JAPFA Chess Club bersama Megaranto menyusul kemenangan atas FM Handani Rudin.

Menanggapi hasil remis dengan Megaranto dibabak 6, Surya Wahyudi meski dirinya memainkan buah putih hanya bermain safe karena hanya menjaga point untuk persaingan dibabak berikutnya.

“Meladeni Hamdani Rudin pasti aku bermain fight untuk menang dan akhirnya bisa terwujud dan kini sama-sama berpeluang dengan Megaranto untuk persaingan gelar juara JAPFA FIDE Rated,” ujar Surya.

Sedangkan posisi dibawah Megaranto dan Surya urutan 3 hingga 4 ditempati dua pecatur dengan nilai sama 6 yakni Dzihthauly Ramadhan (2164) dan FM M. Miftahul Hudany (2213).

Pada babak 6 dan 7 Dzihthauly menambah 2 point usai menundukkan Jesman Sijabat dan Agus Saputra Fernanda, hasil sama juga ditorehkan Miftahul Hudany usai menang Saiful Bahri dibabak 6 kemudian mengalahkan Muhammad Ishak Rianjar babak 7.

Disela-sela jalannya JAPFA FIDE Rated Chess Tournament Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) GM Utut Adianto berbagi pengalaman dalam coaching clinic.

GM Utut memberikan tutorial dan ilmu bermain catur kepada atlet-atlet muda catur pada sela pertandingan. Dia juga bercerita kala dirinya masih aktif dan berhadapan dengan sejumlah pecatur kelas dunia. Utut pun mempraktikkan bagaimana caranya untuk bisa meraih kemenangan kala itu.

Peserta begitu antusias mengikuti kegiatan ini. Beberapa kali, GM Utut melontarkan pertanyaan dan peserta berebut untuk menjawab. Mereka yang bisa menjawab dengan tepat mendapat hadiah.
Pria berusia 56 tahun yang juga Ketua Fraksi PDIP DPR RI itu juga menyelipkan kalimat-kalimat motivasi kepada atlet muda Indonesia. Legenda catur Indonesia ini menaruh harapan besar kepada mereka agar kelak Indonesia punya lebih banyak atlet potensial yang bisa mengharumkan nama bangsa di pentas dunia.

"Tidak ada kemajuan jika hanya mengharapkan bantuan orang. Catur tidak membuat kita susah, catur menjadi tool untuk hidup kita. Terus bertanding, kita tidak boleh mengeluh. Suatu saat akan ada the real champion," ungkap Utut di hadapan peserta JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021 di Gedung Serbaguna Senayan Jakarta, Selasa sore (7/12/2021).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini