News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

SEA Games 2023

Tolak Seleksi Liga Voli Korsel, Pemain Timnas Indonesia Fokus Persiapan SEA Games 2023

Penulis: Facundo Chrysnha Pradipha
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kolase Foto Rendy Tamamilang dan Rivan Nurmulk. Doni Haryono, Rivan Nurmulki hingga Farhan Halim tidak akan mengikuti uji coba pemain asing untuk Liga Voli Korea Selatan demi Sea Games 2023

TRIBUNNEWS.COM - Kabar terbaru pemain Timnas Voli Indonesia persiapan jelang SEA Games 2023 menjadi sorotan.

Belakangan, tersiar kabar Doni Haryono, Rivan Nurmulki hingga Farhan Halim tidak akan mengikuti uji coba pemain asing untuk Liga Korea Selatan.

Seleksi yang sejatinya digelar 25-27 April 2023 tersebut dipastikan tanpa keikutsertaan atlet Timnas Voli Indonesia untuk SEA Games 2023.

Para pemain diklaim ingin fokus untuk berlatih mempersiapkan diri untuk gelaran SEA Games di Kamboja.

Sementara, jadwal seleksi voli Liga Korea Selatan juga terkesan mepet lantaran pada 30 April 2023 rencananya Timnas Voli Indonesia berangkat ke Kamboja berjuang tanding SEA Games 5-17 Mei. 2023.

Manajer pelatnas bola voli Indonesia, Loudry Maspaitella, mengatakan, seluruh pemain yang diundang mengikuti seleksi Liga Korea Selatan menolak.

"Awalnya, kami menerima tembusan bahwa sebanyak lima pemain yang masuk timnas SEA Games terpilih mengikuti seleksi dan kami melihat kondisinya dulu," kata Loudry kepada BolaSport.com di padepokan voli Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (13/4/2023).

Baca juga: Dinanti Timnas Voli Indonesia untuk SEA Games 2023, Doni Haryono Jalan-jalan ke Tokyo

"Tetapi, seiring waktu berjalan saya mendapat laporan internal dari tim bahwa seluruh pemain menolak. Artinya, kami dari PBVSI mengapresiasi sikap kedewasaan, profesional, termasuk nasionalisme pemain."

"Kenapa? kami memang sudah menyiapkan program yang menyampikan kalau bisa jangan (mengikuti uji coba di Korea) Itu kalau bisa, tetapi kami tidak punya kewenangan untuk menyampaikan tidak boleh," aku Loudry.

Selebrasi Rivan Nurmlki setelah mencetak poin kontra Jakarta Bhayangkara Presisi, pada pertandingan Final Four Proliga 2023 di Gor Sritex Arena Solo, Sabtu (11/3/2023). (TRIBUNMEWS/Hafidh). (Tribunnews/Hafidh Rizky)

"Tetapi, sebelum menyampaikan itu banyak seluruh pemain menyampaikan kalau mereka lebih fokus ke SEA Games. Kalau pemain di luar pelatnas, itu bebas," ujar legenda tosser nasional itu.

Menurut Loudry, dari lima pemain yang tergabung dengan pelatnas untuk SEA Games 2023, sudah menyampaikan fokus untuk SEA Games.

Apalagi, persiapan timnas bola voli putra Indonesia terhitung sangat singkat. Pelatnas putra baru dimulai pada 27 Maret dan pertandingan pada SEA Games dimulai pada 3 Mei.

"Beruntung sekali pada Proliga, pemain sudah disiapkan secara fisik dan mental di masing-masing klub sehingga saat kembali ke timnas, kami tinggal menyesuaikan proses recovery dari pertandingan Proliga. Selain itu, mengarahkan mereka ke kerjasama tim."

Sejalan dengan hal itu, Rivan memastikan dirinya dan teman-teman tidak akan berangkat ke Korea demi persiapan SEA Games.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini