News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

6 Tips Rawat Motor Sport dari Rumah, Hidupkan Mesin Tiap Hari

Penulis: Facundo Chrysnha Pradipha
Editor: Sri Juliati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pebalap Moto GP dari Tim Repsol Honda Marc Marquez saat mencoba motor terbaru All New Honda CBR250RR di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (25/10/2016). Kedatangan Marc Marquez ke Indonesia untuk merayakan kemenangan MotoGP 2016 bersama fansnya di Indonesia, selain itu juga memberi pelatihan kepada pebalap muda Indonesia, dan mencoba motor terbaru All New Honda CBR 250RR. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN

TRIBUNNEWS.COM - Tak sedikit pengguna motor sport kebingungan dalam hal perawatan tunggangannya.

Padahal, untuk menjaga performa kemdaraan tetap fit dan optimal tebilang sederhana.

Bahkan perawatan motor sport pun bisa dilakukan para pengguna dari rumah tanpa membawanya ke bengkel.

Pengguna motor sport satu di antaranya hanya perlu konsisten per harinya, misal menghidupkan mesin motor.

Fachrul Reza, Instruktur Training Astra Jateng, mengatakan, sejumlah hal bisa dilakukan dalam perawatan motor sport.

"Pada umumnya langkah-langkah yang dilakukan tak jauh beda dengan perawatan motor lainnya, bisa dilakukan sendiri di rumah," jelasnya kepada Tribunnews.com, Rabu (31/5/2023).

Inilah tips merawat motor sport yang bisa dilakukan di rumah:

Motor sport adventure touring CB150X di gelaran balap dunia FIM Superbike World Championship (WSBK) dan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) di Sirkuit Mandalika Jumat-Minggu (19-21/11/2021). (dok.)

Cek Sistem Kelistrikan

Perhatikan kelistrikan, dimana pada bagian tersebut memiliki peran sangat penting disetiap alat transportasi, terlebih untuk motor sport yang mana diketahui hanya menggunakan sistem starter electric saja.

Hidukan Mesin Motor Tiap hari

Untuk tips dan cara merawat motor sport yang pertama,hidupkan mesin secara rutin .Hal tersebut agar komponen-komponen yang terdapat didalam motor tetap bekerja sesuai tugasnya masing-masing, selain itu juga mencegah terjadinya karatan atau kerak.

Cek Oli Mesin

Kemudian langkah yang kedua,cek ketinggian oli mesin,. Yang mana oli sangat penting untuk melumasi seluruh bagian mesin agar tetap bersih, oli juga harus diganti secara berkala atau – 2 bulan sekali.

Gunakan Bahan Bakar berkualitas

Tips dan cara merawat motor sport berikutnya ialah dengan cara menggunakan bahan bakar dengan kualitas baik, dimana disetiap motor sport telah tertanam sebuah mesin yang terdiri dari komponen-komponen yang memiliki kualitas tinggi.

Penampakan motor sport keluaran PT Astra Honda Motor (AHM) yang dipajang di AHM Safety Riding Park, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (18/2/2021). PT Astra Honda Motor meluncurkan Honda CBR series dengan pilihan tiga warna yang menjadi identitas terbaru dari CBR yang diklaim tampil lebih sporti. Setelah tahun lalu hadir melalui CBR1000RR-R Fireblade, kini warna Tricolor pada motor berperforma tinggi yang nyaman dipakai untuk aktivitas harian itu diaplikasikan pada Honda CBR600RR, CBR250RR, dan CBR150R. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/Jeprima)

Service Secara Rutin

Servis  motor secara rutin, hal tersebut memang harus diwajibkan agar bisa mengetahui apa sajakah yang perlu mendapat perawatan atau juga apa sajakah yang perlu untuk diganti. Jangan lupa untuk servis di bengkel resmi ya!

Perhatikan Kondisi Ban dan Rantai

Cek kondisi ban dan rantai motor secara berkala, dimana kedua komponen tersebut memiliki peranan sangat penting, dalam berkendara.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini