News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

8 Tim Bisbol Asia Koshien Indonesia akan Bertanding Desember Mendatang di Jakarta

Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Para penyelenggara dan sponsor Asia Koshien pertama yang akan diselenggarakan di Gelora Bung Karno Senayan Jakarta Desember 2024 mendatang.

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Dari 14 tim bisbol yang ada di Indonesia, dan setelah diseleksi terpilih 8 tim bisbol Indonesia yang akan bertanding di Asia Koshien tingkat SMA, pertama kali di Jakarta pada bulan Desember 2024.

"Dari 14 tim bisbol yang ada di Indonesia terpilih 8 tim bisbol yang akan bertanding di kejuaraan Asia Koshien pertama Desember mendatang," papar Shogo Shibata, mantan pemain baseball profesional Jepang dari Klub Yomiuri Giants yang juga CEO NB. Academy pada jumpa persnya siang ini (20/8/2024) sebagai penanggungjawab proyek Asia Koshien tersebut.

Tiga tim dari Jakarta yang terpilih adalah Garuda Baseball Softball Club, Cheetahs Baseball Softball Club dan Prambors Baseball Softball Club.

Sedangkan dua tim dari Bandung adalah Gorgeous Baseball Softball Club dan Labs Bandung.

Kemudian tim dari Tangerang adalah Lorenz Baseball Club, tim dari Surabaya adalah Red Bull Baseball Softball Clon dan satu tim lagi dari Samarinda yaitu Orcaella Baseball Softball Club.

Mantan presiden tim bisbol profesional/J League (CEO Prosper) Yozo Tachibana juga mengakui tidak mudah untuk mempenetrasi pasar Asia dengan bisbol yang terkenal saat ini di Jepang dan Amerika Serikat.

Baca juga: Pencipta Dragon Sakura akan Kunjungi Indonesia, Satukan Anak-anak Asia Memainkan Bisbol Gaya Jepang

"Salah satu hambatannya adalah peraturan Bisbol yang memang agak sulit," tekan Tachibana.

Namun dengan upaya keras yang telah dilakukan Shibata saat ini apalagi dengan dua sponsor perusahaan besar Jepang yang juga memiliki kantor di Indonesia, serta 6 sponsor lainnya, diharapkan kejuaraan bisbol anak muda Asia yang dinamakan Asia Koshien ini dapat berlangsung dengan baik dan berhasil.

Kejuaraan Asia Koshien ini adalah kejuaraan bisbol untuk anak-anak muda tingkatan sekolah menengah atas (Bisbol) dengan usia kisaran 18 tahun.

Selain acara kejuaraan bisbol tersebut juga akan diramaikan dengan pertandingan yang dilakukan mantan pemain Koshien tim relawan campuran dengan 5 orang diungkapkan nama-namanya siang ini.

Selain itu juga akan ada pula brass band yang akan menyemarakkan kejuaraan bisbol tersebut.

Tidak ketinggalan tim Cheer Leaders juga akan ditampilkan dan masih dalam pencarian orang yang mau ikut serta ke dalam tim-tim tersebut hingga saat ini.

"Kita sambut baik kejuaraan Asia Koshien yang pertama ini dan semoga dapat terus berkesinambungan selama 100 tahun ke depan dan pada akhirnya kita bisa saling berhadapan pula antara tim Koshien Jepang dengan tim dari negara lain di masa depan, sehingga bisa semakin mempererat persahabatan di antara Jepang dengan negara-negara di Asia Tenggara nantinya," papar mangaka Norifusa Mita pencipta komik Dragon Zakura yang terkenal itu.

Logo kedutaan besar Jepang di Indonesia, Japan Foundation, Pengurus Besar Perserikatan Baseball Softball Indonesia serta logo KONI ikut dicantumkan ke dalam file promosi saat jumpa pers hari ini, sebagai pendukung kejuaraan Asia Koshien tersebut.

Sementara itu bagi para UKM Handicraft dan pecinta Jepang yang mau berpameran di Tokyo dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: info@sekolah.biz Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsappnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini