News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Eksibisi Lari Trail di PON Sukses Digelar, Bima Arya: Target PON 2028 Jadi Cabor Resmi

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Dalam upacara pemberian penghargaan, Kontingen DKI Jakarta berhasil menjadi juara umum lari lintas alam yang digelar di Kawasan Danau Toba, Tongging, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, 11-15 September 2024.

TRIBUNNEWS. COM - Eksibisi lari trail di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 sukses digelar. Dalam upacara pemberian penghargaan, Kontingen DKI Jakarta berhasil menjadi juara umum lari lintas alam yang digelar di Kawasan Danau Toba, Tongging, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, 11-15 September 2024. 

 

Jakarta membawa pulang 4 medali emas, 3 perak dan 2 perunggu. Di posisi kedua ada Kontingen Sulawesi Selatan dengan perolehan 3 emas, 2 perak dan 4 perunggu. Berikutnya ada tuan rumah Sumatera Utara dengan 2 emas , 1 perak dan 1 perunggu. 

 

Melihat animo peserta, Ketua Umum Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI) optimistis lari trail bisa dan layak untuk dijadikan cabor resmi di PON 2028 mendatang. 

 

"Kita telah berhasil membuat sejarah. Dua setengah tahun ALTI menyiapkan supaya bisa tampil di eksibisi PON. Merapihkan kepengurusan di tingkat pusat, membuat kepengeurusan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Dan yang lebih penting adalah melakukan pembinaan dengan menggelar kejurnas dan mengirimkan atlet lari trail kejuaraan lari trail dunia. Alhamdulillah hasilnya, kita berhasil menggelar eksibisi PON," ungkap Bima Arya. 

 

"Mari kita jemput masa depan lari trail yang lebih cerah. Target kita optimistis lari trail jadi cabor resmi PON 2028 di NTT dan NTB," tambahnya. 

 

Salah satu atlet peraih medali emas, Narman Narman dari Kontingen Banten mengaku sangat menikmati trek di PON Sumatera Utara. 

 

"Treknya amazing sekali. Saya suka dengan pemandangannya. Apalagi ada turunan panjang, saya bisa akselerasi. Kebetulan downhill saya cukup bagus, jadi bisa memperpanjang jarak dengan peserta lain," kata Narman. 

 

Narman berharap, di PON berikutnya lari trail tidak sekedar menjadi cabor eksibisi saja tapi sudah menjadi cabor resmi prestasi. 

 

"Peminat lari trail sudah mulai tumbuh bagus di masyarakat. Saya sendiri awalnya pelari road, tapi ada tantangan yang berbeda ketika lari trail. Semoga PON selanjutnya lari trail sudah jadi cabor resmi," harapnya. 

 

Dalam penutupan eksibisi lari trail, dihadiri juga oleh Wakil Ketua Bidang SDM Panwasrah KONI Pusat, sekaligus Ketua Panwasrah Wilayah V PON 2024, Taru Guritna. 

 

"Saya mengucapkan selamat kepada lari trail yang selesai menyelenggarakan eksibisi PON yang sangat baik. Kami tahu lari trail itu olahraga yang tidak mudah. Mudah-mudahan lari trail ini masuk dalam kalender di PON berikutnya," ucap Taru. 

 

Eksibisi Lari Trail di PON 2024 ini diikuti 155 atlet dan 67 official dari 21 provinsi, dari Aceh sampai Papua. Di eksibisi PON yang digelar untuk pertama kalinya ini, terdapat 5 nomor pertandingan, antara lain Vertikal 9K, Klasik Junior 12K, Klasik Senior 12K, Jarak Pendek 43K, Jarak Panjang 82K. 

 

Berikut Perolehan Medali Eksibisi Lari Trail PON XXI Aceh-Sumut 2024: 

 

DKI Jakarta

Emas: 4

Perak: 3

Perunggu: 2 

 

Sulawesi Selatan

Emas: 3

Perak: 2

Perunggu: 4 

 

Sumatera Utara

Emas: 2

Perak: 1

Perunggu: 1 

 

Banten

Emas: 1

Perunggu: 1 

 

Sulawesi Tengah

Perak: 2

Perunggu: 1 

 

Jawa Tengah

Perak: 1 

 

Jawa Timur

Perak: 1 

 

Jawa Barat

Perunggu: 1(*) 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini