News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Presiden Jokowi Resmikan Kantor FIBA di Jakarta, Berharap Prestasi Basket Indonesia Menggeliat

Penulis: Alfarizy Ajie Fadhillah
Editor: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

FOTO: Presiden Jokowi (tengah) dan Presiden FIBA Sheikh Saud Ali Al Thani (tengah) dalam peresmian kantor FIBA di Gedung Danareksa, Jakarta Pusat, Selasa (17/9/2024) (Tribunnews/Alfarizy)

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Alfarizy AF


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) meresmikan kantor Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) di Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Kantor perwakilan FIBA di Jakarta berlokasi di lantai 3 Menara Danareksa, Jakarta Pusat.

Dalam peresmian tersebut, Jokowi didampingi Menpora Dito Ariotedjo, Erick Thohir selaku FIBA Board Member, Presiden FIBA Sheikh Ali Al Thani, dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) FIBA, Andreas Zagklis.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, kantor FIBA di Indonesia saya resmikan. Terima kasih," ujar Jokowi, diteruskan dengan penandatanganan prasasti kantor FIBA.

Kepala Negara dalam sambutanya pun mengatakan jika Indonesia mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh induk olahraga basket dunia tersebut.

Jokowi pun menyinggung FIBA yang sejak tahun lalu telah mempercayakan ajang kelas dunia di Indonesia.

Seperti diketahui, pada tahun lalu Indonesia baru saja menjadi co-host FIBA World Cup, bersama dengan Filipina dan Jepang.

"Indonesia menyambut gembira, saya menyambut gembira akan kehadiran kantor FIBA di Indonesia sebagai bentuk dukungan nyata dari FIBA dalam percepatan peningkatan prestasi olahraga basket di Indonesia," kata Jokowi.

"Selain itu, saya juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan dari FIBA pada Indonesia, sehingga FIBA World Cup 2023 sukses terselenggara, dan Indonesia tercatat sebagai salah satu penyelenggara yang terbaik," paparnya.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi pun mengungkapkan jika Indonesia saat ini tengah serius untuk mendukung bakat-bakat atlet Tanah Air.

Selain membangun venue-venue kelas dunia seperti Indonesia Arena yang digunakan sebagai venue FIBA World Cup Cop, Jokowi pun akan terus mendukung ajang internasional bergulir di tanah air.

"Indonesia terus berkomitmen untuk mendukung bakat-bakat besar di bidang olahraga dengan melakukan pembinaan dan pelatihan, dengan menyelenggarakan event olahraga sebanyak mungkin, dan dengan membangun venue-venue berstandar internasional. Dan tentu juga dengan mempererat kerja sama dengan federasi internasional seperti FIBA sebagai induk olahraga basket dunia," ujar Jokowi.

"Pemerintah berharap berbagai upaya tersebut dapat melahirkan lebih banyak atlet-atlet yang handal, yang mampu mencetak prestasi, dan mengharumkan nama bangsa di event-event olahraga internasional. Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan," jelasnya.

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini