News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

MotoGP

Dorna Sudah Kasih Bocoran, Hosting Fee MotoGP Mandalika 2025 Dipastikan Naik

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Dwi Setiawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Para pebalap berlaga pada Grand Prix MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika, Lombok Tengah pada 15 Oktober 2023. (Photo by SONNY TUMBELAKA / AFP)

TRIBUNNEWS.COM - Sempat gaduh pembayaran hosting fee MotoGP Mandalika 2024, Chief Sporting Officer Dorna Sports, Carlos Ezpeleta, menyebut semua kendala sudah teratasi.

Namun putra dari CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta ini memberikan informasi sekaligus penekanan bahwa biaya hosting fee MotoGP Mandalika 2025 akan naik.

Kenaikan biaya hosting fee yang dibebankan kepada negara penggelar ajang balap MotoGP tidak bersifat dadakan, namun memang sudah menjadi regulasi tahunan.

"Ya, dan biayanya memang akan selalu naik setiap tahun," terang Carlos Ezpeleta dikutip dari TribunLombok.

Pembalap Prima Pramac Racing asal Italia, Franco Morbidelli (depan) dan pembalap Red Bull Gasgas Tech3 asal Spanyol, Pedro Acosta (kiri) mengambil tikungan saat sprint race MotoGP Grand Prix Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Mandalika, Nusa Tenggara Barat pada 28 September 2024. (Photo by BAY ISMOYO / AFP) (AFP/BAY ISMOYO)

MotoGP Mandalika 2024 sempat dihantam isu tak sedap. Dan yang paling miris ialah potensi dibatalkannya balapan MotoGP 2024 di Lombok.

Hal itu berkaitan dengan polemik pembayaran hosting fee MotoGP Mandalika 2024 yang mencapai Rp231 miliar. 

Kendati demikian, petinggi Dorna Sports ini memastikan bahwa tidak ada masalah soal pembayaran hosting fee MotoGP Mandalika tahun ini.

"Sempat beredar kabar bahwa ada kendala dalam pembayaran hosting fee tahun ini. Seperti apa anda bisa menjelaskannya posisinya saat ini dan di masa mendatang," terang pria asal Spanyol tersebut.

"Untuk hosting fee posisinya sudah jelas. Promotor dan pemerintah Indonesia selalu membayar biaya mereka sesuai dengan tenggat waktu yang sudah kita sepakati dalam kontrak dan akan tetap seperti itu karena itu bagian dari kewajiban kontraknya. Jadi ini adalah bagian dari perjanjiannya," ujar Carlos Ezpeleta

"Saya mendengar beberapa rumor dan tidak terlalu tertarik dengan itu, bahwa ada pergantian kementerian yang akan mengeluarkan biayanya atau seperti apa."

Dia memastikan bahwa hosting fee MotoGP Mandalika 2024 sudah terbayarkan sesuai tenggat waktu yang diberikan.

Baca juga: Hadirnya 3 Serangkai Patungan Bayar Hosting Fee MotoGP Mandalika 2024, Wajah Indonesia Terselamatkan

"Tapi pada intinya itu sudah bisa terbayar dan akan selalu bisa terbayar."

Situasi ini menjadi pembelajaran bagi Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki basis fans MotoGP terbesar di dunia.

Sebab polemik hosting fee MotoGP Mandalika 2024 terletak kepada pihak siapa yang membayar besaran biaya tersebut.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini