News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Homeless World Cup

Indonesia Bekuk Skotlandia 6-4 di Homeless World Cup

Penulis: Deodatus Pradipto
Editor: Ravianto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tim Indonesia di Homeless World Cup bersama tim Skotlandia

TRIBUNNEWS.COM, POZNAN – Indonesia berhasil meraih kemenangan pertama setelah mengalahkan Skotlandia di Danau Malta, Minggu (11/8/2013) waktu setempat pada Homeless World Cup 2013.

Pada babak kualifikasi grup G itu Indonesia meraih kemenangan 6-4.

Delapan pemain yang terdiri dari empat orang miskin kota, tiga orang dengan HIV/AIDS  dan seorang mantan pecandu ini sukses mengandaskan perlawanan juara dua kali dalam ajang tersebut, Skotlandia, dengan skor 6-4 (5-3).

Indonesia sempat kebobolan pada awal babak pertama. Kiper Indonesia Ujang Yakub gagal mengantisipasi tendangan terukur dari pemain Skotlandia.  Kedudukan baru berimbang saat Sendi mencetak gol balasan.

Gol pemain asal Jawa Barat itu membangkitkan semangat pemain lain. Berturut-turut Nico Pernando dan Dimas Saputra Ramadhan menambah tiga gol buat Indonesia. Kedudukan menjadi 4-1 untuk Indonesia.

Dua menit sebelum pertandingan berakhir, pemain Skotlandia memperkecil kedudukan menjadi 3-4. Pada menit akhir giliran Indonesia yang menambah gol lewat penempatan bola ke sisi kanan oleh Sendi. Pertandingan pada tujuh menit pertama berakhir dengan kedudukan 3-5 buat Indonesia.

Memasuki babak kedua, masing-masing tim hanya berhasil menambah satu gol. Kedudukan berakhir dengan skor 6-4 untuk Indonesia.

Indonesia berada satu grup dengan Argentina, India, dan Wales selain Skotlandia. Pada hari Senin, tanggal 12 Agustus 2013 waktu setempat, Indonesia akan bertanding dua kali. Pertama, melawan Argentina pada pukul 14:00 waktu setempat dan melawan Wales pada pukul 16:20 waktu setempat.

Homeless World Cup merupakan kompetisi sepak bola internasional tahunan yang diikuti oleh tuna wisma dan orang-orang yang termarjinalkan secara sosial, termasuk ODHA (Orang dengan HIV/AIDS). Turnamen ini merupakan kesempatan sekali seumur hidup bagi mereka untuk mewakili negara dan mengubah kehidupannya.

Indonesia sendiri sudah tiga kali ikut serta pada Homeless World Cup. Indonesia pertama kali berpartisipasi pada 2011 di Perancis. Ketika itu Indonesia diwakili oleh lembaga swadaya masyarakat asal Bandung, Jawa Barat, Rumah Cemara. Sejak 2012 hingga sekarang, Rumah Cemara menjadi partner HWC di Indonesia. Para anggota tim Indonesia yang berangkat ke Meksiko (2012) dan Polandia (2013) bukan lagi anggota Rumah Cemara. Para anggota tim ini diseleksi melalui liga nasional yang dibentuk Rumah Cemara, yaitu League of Change.

Pada HWC 2011 Indonesia finis di urutan keenam. Ginan Koesmayadi terpilih menjadi pemain terbaik. Sedangkan pada 2012 Indonesia berada di urutan keempat. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini