News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ilkay Gundogan Pemain Paling Diburu Klub Elite Dunia

Penulis: Deny Budiman
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilkay Gundogan

TRIBUNNEWS.COM – Siapa gelandang yang paling diincar klub elite dunia musim depan? Jawabannya tertunju pada aksi gelandang 22 tahun Borussia Dortmund, Ilkay Gundogan. Bayangkan saja, setelah Arsenal, dan Manchester United yang telah melamarnya, kini datang juga penantang kuat, Real Madrid yang siap mendatangkan gelandang elegan tersebut.

Sekalipun musim ini telah mendatangkan Casemiro dan Asier Illarramendi untuk mengisi posisi gelandang petarung mereka, namun Los Blancos tampaknya masih belum puas. Mereka tetap mencari pemain yang paling tepat untuk menjadi pengganti Xabi Alonso musim depan. Cedera berkelanjutan pria asal Real Sociedad juga menjadi nilai minus.

Dilaporkan oleh Punto Pelota, perwakilan Real Madrid sudah mengontak Borussia Dortmund untuk menunjukkan ketertarikan mereka. Upaya ini diambil kubu Santiago Bernabeu demi membuat runner-up Liga Champions musim lalu, tahu bahwa Madrid berani membayar mahal untuk Gundogan.

Angka yang diberikan untuk pria berusia 22 tahun, adalah 30 juta Euro. Jumlah uang ini tentu sangat menggiurkan bagi Borussia Dortmund. Apalagi ditambah kenyataan bahwa Gundogan tidak tertarik memperpanjang kontraknya yang berakhir pada Juni 2015.

Daripada kehilangan sang pemain cuma-cuma pada musim panas 2015, atau membiarkannya bernegoisasi dengan klub lain sejak Januari 2015, tak ada cara yang lebih jitu kecuali menjualnya pada musim panas tahun depan.

Bisa jadi, Nuri Sahin, gelandang Real Madrid yang sekarang ada di Dortmund sebagai pemain pinjaman, akan dimasukkan dalam negoisasi untuk melunakkan kubu Bundesliga. Namun, jika Gundogan memilih Real Madrid sebagai pelabuhan berikutnya, pemain yang juga pernah memperkuat FC Nurnberg itu harus bersaing dengan Casemiro, Illarramendi, Sami Khedira, dan Luka Modric. Artinya Real Madrid juga harus melepas salah satu pemain mereka untuk memberikan tempat kepada Gundogan.

Gundogan datang ke Dortmund pada 2011 dengan harga 5,5 juta euro atau sekitar Rp 85,61 miliar dari Nurnberg. Gelandang asal Jerma ini langsung menjadi andalan pelatih Jurgen Klopp saat Dortmund menjuara Bundesliga dan DFB Pokal pada musim 2011/12.

Saat ini, gelandang kelahiran Gelsenkirchen, Jerman, 28 Oktober 1990 ini tengah menderita cedera serius, dan diperkirakan bakal absen hingga akhir tahun 2013 mendatang.

Pemain berdarah Turki itu mengalami cedera punggung sejak pertengahan Agustus. Selain itu beberapa pekan yang lalu, Gundogan dipastikan kembali pada pertengahan September silam.

Akan tetapi, beberapa informasi di Jerman mengatakan bahwa Gundogan wajib melakukan operasi guna memulihkan cedera yang dialaminya. direktur olahraga Borussia Dortmund; MichaelZorc pun mendukung opini tersebut.

"Kondisi Gundogan tak mengalami kemajuan. Kami bahkan masih belum tahu kapan ia akan segera bermain memperkuat Dortmund," kata Zorc kepada harian Sport Bild

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini