News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Piala AFF 2014

Pertama Kali Usai 34 Tahun Timnas Indonesia Kalah Telak dari Tim ASEAN

Penulis: Deodatus Pradipto
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Selebrasi Pemain Timnas Filipina usai menekuk Indonesia 4-0 pada laga grup A Piala AFF 2014 di My Dinh Stadium, Selasa (25/11/2014).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Deodatus S Pradipto

TRIBUNNEWS.COM – Sejarah buruk terjadi usai timnas Indonesia tumbang 0-4 dari timnas Filipina pada laga grup A Piala AFF 2014 di My Dinh Stadium, Selasa (25/11/2014).

Untuk pertama kalinya setelah 34 tahun, tim Merah Putih menelan kekalahan telak dari sesama tim Asia Tenggara.

Menurut catatan Lab Bola, terakhir kali timnas Indonesia kalah telak dari tim Asia Tenggara pada 1980. Ketika itu, pada ajang King’s Cup, tim Merah Putih tumbang 0-6 dari timnas Thailand.

Kekalahan dari timnas Filipina juga memunculkan sejarah lain. Ini menjadi kemenangan pertama timnas Filipina atas timnas Indonesia.

Berdasarkan catatan pertemuan sebelumnya, duel antara Indonesia dengan Filipina sudah terjadi 23 kali. Dalam kurun waktu tersebut, Indonesia 21 kali meraih kemenangan, sedangkan dua laga lainnya berakhir imbang.

Kekalahan dari Filipina memperkecil kans Indonesia untuk lolos ke babak semifinal. Dari dua pertandingan, skuat asuhan Alfred Riedl baru mengoleksi satu angka. Firman Utina, cs berada di peringkat ketiga setelah Filipina dan Vietnam.

Pada laga terakhir, Indonesia harus menumbangkan timnas Laos di Hang Day Stadium, Jumat (28/11/2014). Namun demikian, timnas Indonesia juga harus berharap timnas Vietnam tumbang di tangan Filipina.

Jika itu terjadi, perolehan angka Indonesia dengan Vietnam akan sama, yaitu empat. Namun demikian, Indonesia memiliki selisih gol yang lebih buruk daripada Vietnam. Dari dua pertandingan, selisih gol Indonesia adalah -4, sedangkan Vietnam +3.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini