News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Piala AFF 2014

Resep Filipina Menjadi Tim Hebat yang Gulung Indonesia Empat Gol Tanpa Balas

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Skuat Timnas Filipina mendapat briefing dari pelatih saat sesi latihan.

TRIBUNNEWS.COM - Secara mengejutkan, Timnas Filipina menjadi tim pertama yang lolos ke babak semifinal Piala AFF 2014. Hebatnya, mereka lolos setelah menghajar Timnas Indonesia dengan skor telak 4-0, Selasa (25/11/2014).

Citra Timnas Filipina sebagai tim medioker kini telah berubah. Mereka tak bisa dianggap enteng lagi. Bahkan layak disebut sebagai tim tangguh setelah dua kali meraih kemenangan besar di fase Grup A.

Apa rahasia di balik kesuksesan Filipina?

Menurut pelatih Thomas Dooley, komunikasi menjadi salah satu kunci sukses Filipina. "Kalau mereka membuat kesalahan, saya bisa langsung bicara dengan mereka dan tak lama kemudian mereka bisa langsung memperbaikinya."

Meski kerap terhalang sejumlah kendala, Dooley menyebut timnya juga selalu berusaha memanfaatkan waktu yang ada untuk berlatih secara maksimal.

"Kami tidak pernah benar-benar memiliki waktu yang lama untuk berlatih bersama. Bahkan tiga hari sebelum kami berangkat, ada enam pemain yang klubnya menang di kompetisi Filipina belum bergabung dengan tim. Mereka memilih terlibat acara perayaan di kota asal dengan sejumlah pejabat lokal ketimbang berlatih dengan tim," kata Dooley.

"Dengan persiapan seperti itu, apa yang kami raih sekarang tentu bagus. Tapi tentu saja, kalau mau mempersiapkan tim dengan benar, harusnya bukan dengan cara seperti ini," sambung Dooley.

Filipina memastikan diri lolos ke babak semifinal Piala AFF 2014 setelah memetiki dua kemenangan. Mereka akan bertemu Vietnam pada laga terakhir. Apapun hasilnya, mereka tetap lolos.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini