News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Piala Dunia Antarklub 2014

Ini Fakta Unik Piala Dunia Antarklub Dalam Angka

Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Piala Dunia Antarklub 2014 akan segera dimulai di Maroko. Laga perdana akan mempertandingkan tuan rumah Moghreb Tetouan melawan Auckland City FC pada 10 Desember 2014.

Selain dua klub tersebut, masih ada lima klub lain yang akan bersaing memperebutkan trofi Piala Dunia Antarklub. Kelima klub itu adalah Real Madrid, ES Setif, Cruz Azul, San Lorenzo, dan Western Sydney Wanderers FC.

Berikut ini adalah serba-serbi Piala Dunia Antarklub dalam angka:

73.000 - Jumlah penonton terbanyak yang hadir menyaksikan laga pembuka Piala Dunia Antarklub pada 2000 antara Manchester United melawan Vasco Da Gama. Jumlah tersebut juga tercipta pada laga final antara Vasco melawan Corinthians beberapa hari berselang.

1,93 - Tinggi (dalam meter) bek Auckland City FC, Ivan Vicelich. Dia menjadi pemain tertinggi pada Piala Dunia Antarklub tahun ini. Sementara, pemain terpendek adalah Alusine Fofanah dari Western Sydney Wanderers dengan hanya 1,65 meter.

39 - Usia kiper Western Sydney Wanderers, Ante Covic. Dia menjadi pemain tertua saat ini. Sedangkan pemain termuda adalah Fofanah yang baru berusia 17 tahun pada November lalu.

11 - Jumlah penampilan terbanyak di Piala Dunia Antarklub yang dibukukan tiga pemain Al-Ahly, Wael Gomaa, Hossam Ashour, dan Mohamed Aboutrika.

8 - Jumlah gol terbanyak yang tercipta dalam satu pertandingan. Rekor tersebut terukir saat Manchester United menang 5-3 atas Gamba Osaka pada 2008.

6 - Auckland City FC akan mengikuti Piala Dunia Antarklub untuk keenam kalinya. Jumlah itu lebih banyak ketimbang Al-Ahly yang baru tampil sebanyak lima edisi Piala Dunia Antarklub.

5 - Lima klub akan menjadi debutan Piala Dunia Antarklub 2014. Kelima klub itu adalah Moghreb Tetouan, ES Setif, Western Sydney Wanderers, Cruz Azul, dan San Lorenzo.

3,5 - Rata-rata jumlah gol yang tercipta pada Piala Dunia Antarklub 2013 yang berlangsung di Maroko. Itu menjadi rata-rata jumlah gol terbanyak sepanjang sejarah turnamen digelar.

3 - Jumlah pemain yang memenangi Piala Dunia Antarklub dengan dua klub berbeda, yakni Dida (Corinthians pada 2000 dan AC Milan pada 2007), Danilo (Sao Paulo pada 2005 dan Corinthians pada 2012), dan Thiago (Barcelona pada 2011 dan Bayern Muenchen pada 2013). Pada edisi kali ini, hanya Cristiano Ronaldo dan Toni Kroos yang berpeluang menyamai catatan tiga pendahulunya. Ronaldo pernah meraih trofi ini pada 2008 bersama Manchester United, dan Kroos pada tahun lalu bersama Bayern.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini