News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Piala Eropa 2016

Belgia Tangkap 12 Orang, Diduga Akan Lakukan Serangan di Piala Eropa 2016

Editor: Ravianto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Warga dievakuasi dekat gedung konser musik Bataclan di pusat Kota Paris, Perancsi, Sabtu (14/11/2015) dini hari. Sedikitnya 120 orang tewas dalam serangkaian serangan teror di Paris pada Jumat (13/11/2015) malam.

TRIBUNNEWS.COM, BRUSSELS - Polisi Belgia menahan 12 orang yang diduga merencanakan serangan baru setelah menggeledah sekitar 40 rumah di seluruh negeri, Jumat malam waktu setempat.

Mereka diduga akan melakukan serangan di laga Belgia vs Irlandia, malam ini.

Eropa dan Prancis khususnya memang sedang dalam siaga tinggi sehubungan dengan pelaksanaan Piala Eropa 2016 yang akan berakhir bulan depan.

Maret lalu, serangan teroris di Brussels menewaskan 32 orang dan November tahun lalu, 130 orang meninggal di Paris.

"Dalam hubungannya dengan penyelidikan kejahatan berkaitan dengan terorisme... 40 orang diamankan untuk diperiksa. Duabelas di antara mereka ditangkap. Hakim menangani akan memutuskan kemungkinan penahanan mereka selanjutnya hari ini," demikian pernyataan pemerintah Belgia seperti dikutip dari Antara.

"Hasil penyelidikan memerlukan intervensi segera. Investigasi masih berlanjut."

Para penyidik menemukan kaitan antara penyerang Brussels dan Paris, beberapa di antaranya berbasis di Belgia.

Kantor kejaksaan federal Belgia menyatakan tidak ada senjata atau peledak yang ditemukan dalam penggeledahan.

Koran Belgia Le Soir mengutip seorang sumber keamanan mengatakan area tempat para suporter berkumpul nonton bareng siaran sepak bola menjadi sasaran potensial, demikian pula dengan tempat ramai seperti pusat perbelanjaan dan stasiun.

Kepolisian Belgia pada Rabu menerima peringatan anti-teror bahwa satu kelompok petempur ISIS baru-baru ini meninggalkan Suriah dan dalam perjalanan menuju Eropa untuk merencanakan serangan di Belgia dan Prancis menurut para pejabat keamanan.

Polisi menangkap dan menahan pria 30 tahun berkewarganegaraan Belgia bernama Youssef E.A pada Jumat karena dicurigai ambil bagian dalam kegiatan teroris terkait dengan serangan-serangan di Brussels.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini