News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Liga Super Indonesia

Kemampuan Wasit Akan Diuji di Piala Presiden 2017

Editor: Ravianto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pesepak bola Bali United melakukan Komplain kepada wasit saat melawan Persija Jakarta dalam pertandingan Trofeo Persija di Stadion Utama Glora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (9/4/2016). Dalam laga tersebut Persija Jakarta menjadi juara setelah mengumpulkan lima poin dengan mengalahkan PSM Makassar 4-1 melauli pinalti dan Bali United 1-0. Super Ball/Feri Setiaan

Laporan Wartawan SuperBall.id, Mochamad Hary Prasetya

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Edy Rahmayadi, mengatakan ajang Piala Presiden yang akan kick off pada Sabtu (4/2/2017) bukan hanya untuk klub-klub mempersiapkan timnya.

Ajang Piala Presiden juga sebagai ujian bagi para wasit-wasit di Indonesia yang terpilih memimpin jalannya pertandingan di turnamen tersebut.

Pada Piala Presiden nanti sebanyak 20 wasit, 20 asisten wasit, dan 200 pengawas pertandingan disiapkan oleh PSSI.

Dari banyaknya jumlah wasit itu, kata Edy hanya lima yang punya lisensi dari FIFA.

Jika ada sesuatu hal yang tidak sesuai dengan syarat dari FIFA, maka wasit tersebut siap menerima teguran dari PSSI.

"Wasit itu kan hakim. Kalau hakim sudah tidak benar dan tidak cocok jadi hakim, berarti tidak cocok jadi wasit," kata Edy di Makostrad, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (2/2/2017).

"Ini merupakan ujian selama saya menjadi Ketum pada turnamen di Indonesia ini yang dimulai tanggal 4 Februari," sambung Edy.

Pria yang juga menjabat sebagai Pangkostrad TNI AD itu juga akan terus memantau dan mendengarkan keluhan dari klub-klub tentang wasit di Piala Presiden.

Edy menegaskan kalau wasit itu sangat bagus memimpin jalannya pertandingan di Piala Presiden, maka akan dilanjutkan ke kompetisi resmi bertajuk Liga 1.

"Jika dia kurang mampu mengenai perwasitan, kita sekolahkan, kita berikan pelajaran untuk dia jadi mampu, tetapi kalau urusan mental, jangan harap dia untuk jadi wasit," tegas Edy. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini