News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Piala Presiden 2018

Kerusakan Taman di Kompleks Gelora Bung Karno Capai 80 Persen

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pintu masuk sektor 9 Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, tampak mengalami kerusakan, Minggu (18/2/2018). Stadion Utama Gelora Bung Karno mengalami sejumlah kerusakan usai final Piala Presiden 2018. Pengelola SUGBK akan melakukan proses penghitungan kerusakan. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, kerusakan taman di kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, mencapai 80 persen.

Taman itu rusak setelah pertandingan final sepak bola Piala Presiden 2018 yang berlangsung Sabtu (17/2/2018) lalu.

"Taman ini (di GBK) ada 4,8 hektar, yang rusak sekitar 80 persen," ujar Basuki seusai meninjau kerusakan fasilitas di GBK, Senin ini.

Basuki menyampaikan, taman yang rusak itu akan segera diperbaiki. Dia menyebut perbaikan taman membutuhkan waktu  cukup lama.

Meskipun begitu, Basuki optimistis perbaikan taman akan selesai sebelum Asian Games berlangsung Agustus mendatang.

"Ini kan dia butuh waktu. Makanya kami kan curi start untuk nanam-nanam ini Ini pasti kami tanami lagi, kami masih punya Maret, April, Mei, Juni. Masih okay," kata Basuki.

Dari pantauan, dilansir Kompas.com, banyak tanaman yang rusak karena terinjak-injak.

Tak hanya rusak, taman di kawasan GBK itu juga masih dipenuhi sampah. Sampah-sampah itu didominasi plastik, bungkus makanan, dan styrofoam. 

Para petugas masih terus membersihkan sampah-sampah tersebut.

Direktur Utama Pusat Pengelola Kompleks Gelora Bung Karno (PPKGBK) Winarto mengatakan, fasilitas lainnya yang rusak akibat pertandingan final yang mempertemukan Persija Jakarta versus Bali United, salah satunya kerusakan pintu masuk SUGBK.

"Taman, kemudian pintu 7, pintu 9, lalu pembatas penonton dengan lapangan itu ada frame kerangka akrilik, ada 7 segmen, 1 segmennya 1 meter-lah, jadi 7 meter kira-kira itu lepas," kata Winarto.

Fasilitas lainnya yang rusak yakni lipatan (flip up) sebuah kursi penonton yang lepas. Namun, flip up kursi itu sudah dipasang kembali. Nursita Sari/Kompas.com

Berita ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul 'Menteri Basuki: Taman di GBK 4,8 Hektar, yang Rusak Sekitar 80 Persen'.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini