News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

timnas malaysia

Gara-gara Dokumen Palsu, Timnas Malaysia Hentikan Proses Naturalisasi Bek Asal Afrika

Editor: Bolasport.com
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kekecewaan pemain Timnas Indonesia usai dikalahkan Timnas Malaysia pada ajang kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (5/9/2019). Timnas Indonesia dikalahkan Malaysia dengan skor 2-3. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN

TRIBUNNEWS.COM - Timnas Malaysia menghentikan proses naturalisasi pemain asal Afrika setelah dokumen yang dibutuhkan tidak asli.

Pemain asal Afrika, Marcel Kasongo Kalonda mengaku memiliki hubungan keturunan dengan Malaysia.

Beberapa hari lalum Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) pun mengumumkan bahwa dokumen yang diberikan Kalonda dalam upaya untuk menjadi pemain naturalisasi tidak asli.

Di bawa peraturan FIFA, pemain kelahiran asing dapat mewakili tim nasional negara yang diadopsi jika ia memiliki orang tua atau kaken nenek dari negara tersebut.

Kalonda mengklaim bahwa ayah dan kakenya berasal dari Sabah.

Saat ini ia bermain untuk Zesco United di Zambia dan bermain sebagai bek.

BolaSport.com melansir dari New Straits Times, Sekretaris Jenderal FAM, Stuart Ramalingam mengatakan setelah semua desas-desus tentang niat Kalonda untuk bermain untuk Malaysia di media sosial, badan nasional menghubungi Kalonda.

Ia mengatakan FAM meminta darinya dokumen yang dapat mengkonfirmasi klaimnnya tentang ikatan leluhur ke Malaysia.

Dengan dokumen yang diberikan oleh Kalonda, FAM kemudian FA Kongo, konsulat Kongo di Malaysia dan juga Departemen Registrasi Nasional (NRD).

Stuart mengatakan NRD menjawan FAM pada hari Senin yang menyatakan bahwa salah satu dokumen yang diberikan oleh Kalonda tidak asli.

Ia mengatakan FAM kemudian menghubungi Kalonda dan memberi tahu dia tentang temuan NRD sebelum menghentikan untuk naturalisasi Kalonda.

BACA SELENGKAPNYA DI SINI

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini