News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Liga Inggris

Perubahan Manchester United, Arahan Ralf Rangnick, Ronaldo yang Dicadangkan dan Peran Fletcher

Penulis: Gigih
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Striker Manchester United Portugal Cristiano Ronaldo (kanan) menggantikan striker Inggris Manchester United Jadon Sancho (kiri) di babak kedua selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Chelsea dan Manchester United di Stamford Bridge di London pada 28 November 2021. Ben STANSALL / AFP

TRIBUNNEWS.COM - Banyak kejutan terjadi, dalam laga yang berat sebelah, antara Chelsea menjamu Manchester United di lanjutan Liga Inggris, tadi malam.

Skor imbang 1-1 tidak menggambarkan permainan selama 90 menit: Chelsea jauh lebih dominan dibandingkan United, bahkan di 45 menit babak pertama, The Blues punya banyak peluang untuk menang.

Kesalahan Jorginho di awal babak kedua juga cukup mengejutkan, sebuah kesalahan antisipasi yang dimanfaatkan dengan baik oleh Jadon Sancho untuk membawa tim tamu unggul.

Manchester United juga melakukan kejutannya, dengan memainkan tiga gelandang bertahan sekaligus, Matic-Fred-Scott McTominay diturunkan sejak menit awal laga.

Turunnya ketiga gelandang ini, mengorbankan satu sosok penting yang menjadi tulang punggung Manchester United: Cristiano Ronaldo, yang duduk di bangku cadangan.

Striker Manchester United Portugal Cristiano Ronaldo (tengah) bersiap untuk turun dari bangku cadangan saat manajer sementara Manchester United Inggris Michael Carrick (kanan) berbicara kepadanya selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Chelsea dan Manchester United di Stamford Bridge di London pada 28 November, 2021. (BEN STANSALL / AFP)

Baca juga: David de Gea Ngeri Lihat Serangan Chelsea yang Ugal-ugalan, Rangnick Makin Greget Besut MU

Baca juga: Formasi Manchester United Difitnah Titipan Rangnick, Carrick Bantah Tuduhan Keji Neville

Michael Carrick, memang bukan belum teruji, tetapi adaptasi taktiknya dengan memainkan tiga penyerang yang lebih mobile yakni Marcus Rashford-Jadon Sancho dibantu dengan Bruno Fernandes sebagai nomor 10, jelas sangat berfungsi dengan baik di laga tersebut.

Mobilitas penyerang Manchester United, tidak hanya menawarkan kekuatan dari sisi penyerangan, tetapi sangat membantu ketika setan merah bertahan secara rapat.

Rashford-Bruno-Sancho, akan langsung menekan ketika kehilangan bola, ini yang menyulitkan Chelsea di babak pertama, meskipun akhirnya The Blues menemukan celah di sisi Aaron wan-Bissaka.

Statistik menggambarkan bagaimana efektifitas tiga penyerang alas Manchester united, sangat berjalan denga baik.

Manchester United memenangkan penguasaan bola 6 kali di sepertiga pertahanan Chelsea, cartatan yang hanya dua kali dilakukan United musim ini, selain melawan Newcastle United.

Menariknya, Fred, Bruno Fernandes dan Alex Telles, menjadi tiga pemain yang memenangkan penguasaan bola, meskipun tidak lepas dari peran Sancho dan Rashford.

Gol Jadon Sancho, juga bagian dari manfaat penyerang mobile, tekanan yang Rashford dan Sancho berikan kepada Jorginho, cukup mempengaruhi kesalahan yang dilakukan gelandang timnas Italia ini dalam menyapu bola.

Hadirnya Cristiano Ronaldo di menit ke-64, juga membuat United kehilangan pressing, dan punya akibat cukup fatal, karena mereka justru gagal mempertahankan skema yang berjalan dengan baik di babak pertama.

Ronaldo, di satu sisi, juga tidak begitu senang dengan duduk di bangku cadangan, terbukti, megabintang asal Portugal ini adalah pemain pertama yang masuk ke lorong ganti, bahkan tidak menyalami Michael Carrick.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini