News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Piala AFF 2020

Shin Tae-yong Akui Ada Perubahan Strategi Saat Hadapi Malaysia

Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Timnas Indonesia sukses mengalahkan Malaysia dengan skor 4-1 pada laga pamungkas grup B Piala AFF 2020 di Stadion Nasional Singapura, Minggu (19/12/2021).

Dalam pertandingan itu, skuat Garuda lebih dulu tertinggal setelah pemain Malaysia Kogileswaran Raj sukses mencetak gol pada menit ke-13.

Gol dari Kogileswaran Raj membuat permainan Indonesia lebih berkembang hingga akhirnya mampu mencetak empat gol melalui Irfan Jaya 36’ 43’, Pratama Arhan 50’ dan Elkan Baggott. 82’.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong (PSSI.ORG)

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengatakan dalam pertandingan itu dirinya memang sempat mengubah skema permainan Indonesia.

“Jadi memang sebagai tim nasional kalau ubah formasi itu akan membuat lawan sulit membaca dan analisis permainan kami. Tapi kami sulit juga untuk mengubah formasi setiap kali, jadi memang sudah ada patokannya formasi seperti apa yang saya inginkan,” kata Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers seusai laga.

“Dengan begitu saya bisa ubah sedikit demi sedikit dan itu pun harus disesuaikan dengan pemain kita dan tergantung lawan siapa juga,” jelasnya.

Seperti diketahui dalam laga ini, Skuat Garuda memang terlihat bermain lebih sabar di awal laga hingga akhirnya kebobolan lebih dulu.

Usai kebobolan, Shin Tae-yong langsung meresponnya dengan menerapkan permainan cepat.

Alhasil sebelum babak pertama berakhir, Indonesia mampu membalikkan kedudukan melalui dua gol Irfan Jaya.

Pada babak kedua, pemain Indonesia semakin percaya diri, Shin Tae-yong mulai memasukan Elkan Baggott dan Evan Dimas.

Masuknya dua pemain tersebut pun membuat skema permainan Indonesia semakin bagus hingga akhirnya dua gol kembali tercipta melalui Arhan dan Elkan Baggot.

Dengan hasil kemenangan ini, Indonesia keluar sebagai juara grup B, unggul selisih gol dengan Vietnam yang sama-sama mengoleksi 10 poin.

Pada babak semifinal Indonesia akan menghadapi tuan rumah, Singapura yang menjadi runner up grup A.

Pertandingan semifinal dilakukan sebanyak dua kali. Pertemuan pertama bergulir pada Rabu (22/12/2021) dan pertemuan kedua pada Sabtu (15/12/2021).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini