News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Piala AFF 2020

Malam Dramatis Indonesia ke Final AFF, Shin Tae-yong Sebut Garuda Hilir Mudik ke Neraka & Surga

Penulis: Dwi Setiawan
Editor: Drajat Sugiri
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pemain Singapura Shahdan Sulaiman (kiri) melakukan tendangan bebas untuk mencetak gol pada pertandingan leg kedua semifinal sepak bola Piala Suzuki AFF 2020 antara Singapura dan Indonesia di Stadion Nasional di Singapura pada 25 Desember 2021. (Photo by Roslan RAHMAN / AFP)

TRIBUNNEWS.COM - Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong melakoni malam dramatis saat menuntaskan misinya untuk mengamankan tiket final Piala AFF 2020.

Berlangsung di National Stadium, Sabtu (25/12/2021), Indonesia dipaksa bermain sampai perpanjangan waktu untuk mengalahkan Singapura.

Skuat Garuda akhirnya bisa menyegel tiket final setelah menyudahi perlawanan Singapura dengan skor 4-2.

Baca juga: Piala AFF 2020: Drama Hasil Timnas Indonesia vs Singapura Diluar Imajinasi Siapapun

Timnas Indonesia bisa saja gagal melaju ke partai puncak seandainya Pratama Arhan tidak menciptakan gol penyama kedudukan pada menit 87.

Tak hanya itu saja, tim asuhan Shin Tae-yong juga bisa gagal lolos jika Nadeo Argawinata tidak melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis penalti lawan pada penghujung laga babak kedua.

Pemain Indonesia Pratama Arhan Alif Rifai (kiri) diberi selamat oleh rekan setimnya Witan Sulaeman setelah mencetak gol pada pertandingan leg kedua semifinal sepak bola Piala AFF Suzuki 2020 antara Singapura dan Indonesia di Stadion Nasional Singapura pada 25 Desember 2021. (Photo by Roslan RAHMAN / AFP) (AFP/ROSLAN RAHMAN)

Gol dari Irfan Jaya dan Egy Maulana Vikri pada babak tambahan akhirnya mengunci kemenangan Indonesia atas Singapura.

Skuat Garuda lolos ke babak final setelah unggul agregat 5-3 atas Singapura.

Menyikapi kemenangan dramatis timnya tersebut, Shin Tae-yong memuji performa kedua tim yang menyajikan laga hebat di atas lapangan.

Juru taktik asal Korea Selatan itupun sudah mengingatkan kepada para pemainnya untuk mewaspadai ancaman Singapura lewat set piece.

Song Uiyoung dari Singapura diberi selamat oleh rekan setimnya Amy Recha (kanan) setelah mencetak gol, saat pemain Indonesia Ezra Harm Ruud Walian (depan) bereaksi, pada leg kedua pertandingan semifinal sepak bola AFF Suzuki Cup 2020 antara Singapura dan Indonesia di Stadion Nasional di Singapura pada 25 Desember 2021. (Photo by Roslan RAHMAN / AFP) (AFP/ROSLAN RAHMAN)

Peringatan yang diberikan Shin Tae-yong disampaikan setelah Singapura mampu mencetak dua gol melalui skema tersebut.

Andai para pemain Timnas Indonesia bisa lebih berhati-hati, Shin Tae-yong percaya timnya bisa mendapatkan hasil lebih baik.

""Jujur kedua tim sangat bekerja keras, saya sudah bicara kepada pemain sebelum pertandingan bahwa tim Singapura kuat untuk set piece," ungkap Shin Tae-yong dilansir laman resmi PSSI.

"Kami bisa mendapatkan hasil yang baik jika hanya hati-hati,” kata Shin Tae-yong.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan arahan kepada anak asuhnya dari pinggir lapangan saat gelaran Piala AFF 2020. (PSSI.ORG)

Lebih lanjut, Shin Tae-yong mengeluarkan pernyataan yang cukup menarik ketika ditanya soal jalannya laga Indonesia kontra Singapura yang penuh emosional.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini