News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Piala Afrika

Wasit yang Menghentikan Laga Sebelum Waktunya di Piala Afrika Pernah Diskor Karena Dugaan Korupsi

Editor: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

DIKAWAL- Wasit Zambia Janny Sikazwe harus dikawal petugas keamanan usai insiden dia meniup peluit pertandingan sebelum waktunya. Piala Afrika diwarnai drama, pada saat Tunisia tertinggal 0-1 dari Mali, Wasit Zambia Janny Sikazwe meniup peluit akhir saat laga berlangsung selama 85 menit.

TRIBUNNEWS.COM, KAMERUN- Piala Afrika diwarnai insiden tidak biasa, pada saat Tunisia tertinggal 0-1 dari Mali, Wasit Zambia Janny Sikazwe meniup peluit akhir saat laga berlangsung selama 85 menit.

Wsit Sikazwe menyadari kesalahannya dan kemudian melanjutkan pertandingan.

Tapi kontroversi ternyata belum berakhir.

Wasit berusia 42 tahun itu kembali menghentikan pertandingan pada menit ke-89.

Masih ada 20 detik dari 90 menit tersisa, dan waktu yang seharusnya ditambahkan pada waktu tambahan.

Sikazwe mencoba membuat para pemain kembali ke lapangan untuk sisa waktu, dan para pemain Mali menurutinya. Tapi para pemain Tunisia menolak untuk kembali ke lapangan.

Dikutip dari Dailymail, Wasit yang menyebabkan kekacauan di laga Piala Afrika antara Mali dan Tunisia itu adalah wasit yang pernah diskors karena tuduhan korupsi pada 2018.

Beberapa keputusan yang kontroversial membuat wasit harus dikawal keluar lapangan setelah pertandingan berakhir.

Empat tahun lalu, CAF pernah menskors Sikazwe atas dugaan korupsi setelah cara dia menangani pertandingan Liga Champions Afrika antara Esperance dan Primiero Agosto.

Esperance mengalahkan Rades 4-2, tetapi Sikazwe menghadiahkan mereka penalti kontroversial untuk gol pembuka mereka, sebelum menganulir gol Agosto karena dianggap melakukan pelanggaran terhadap kiper Esperance.

Keputusan dewan disiplin CAF pada saat itu mengatakan: 'Ketua Dewan Disiplin Kafe memutuskan bahwa ada alasan yang baik untuk mengadakan dengar pendapat mengenai tuduhan korupsi yang dilakukan terhadap Janny Sikazwe.

"Janny Sikazwe untuk sementara diskors dari semua kegiatan sepak bola yang terkait dengan Caf sambil menunggu sidang di hadapan Dewan Disiplin Caf."

Meski demikian, wasit itu pernah memimpin dua pertandingan di Piala Dunia 2018 pada laga antara Belgia v Panama dan Jepang vs Polandia.

Wasit menghentikan pertandingan antara Tunisia dengan Mali setelah hanya 85 menit.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini