News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Super Pandit

Kans Juara Timnas Indonesia di Piala AFF U-23: Genjot Atribut Pemain Timnas Senior & Bocah 17 tahun

Penulis: deivor ismanto
Editor: Drajat Sugiri
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Aksi Timnas Indonesia saat berhadapan dengan Timnas Timor Leste di FIFA Match Day di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Minggu (30/1/2022). Hasil sementara Timnas Indonesia Menang 3-0 atas Timor Leste. (TRIBUN BALI/Mahayasa)

TRIBUNNEWS.COM - Tinggal lima hari lagi Timnas Indonesia U-23 asuhan Shin Tae-yong akan berlaga di Piala AFF U-23 2022.

Tepatnya, Pratama Arhan dan kolega akan berjuang di kompetisi se-Asia Tenggara itu pada 14 hingga 26 Februari 2022 mendatang.

Timnas Indonesia menjadi tim yang paling difavoritkan untuk mengangkat trofi Piala AFF U-23 tahun ini.

Lantaran daftar skuat yang dibawa Shin Tae-yong berisi nama-nama mentereng yang sebelumnya telah bermain di Piala AFF 2021 lalu.

Nama-nama seperti Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Rachmat Irianto, Syahrian Abimanyu, hingga Hanis Shagara adalah pemain yang dibawa Shin Tae-yong kala Garuda meraih posisi runner up di Piala AFF 2021.

Artinya, Shin Tae-yong tak perlu pusing-pusing untuk menerapkan taktik andalannya sama seperti yang ia jalankan bersama Timnas Senior di Piala AFF 2021 lalu.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dalam sesi pre-match conference kontra Timor Leste di Bali, Rabu (26/1/2022). (dok: PSSI)

Baca juga: Timnas U-23 Indonesia Patok Juara Piala AFF U-23, Shin Tae-yong Masih Ajari Latihan Passing Dasar

Baca juga: Delapan Jebolan Piala AFF Perkuat Timnas U-23 Indonesia, Ini Ulasan Minder Media Vietnam

Shin Tae-yong bisa saja mempertahankan kebiasaannya di Piala AFF sebelumnya dengan menerapkan taktik bunglon, alias melakukan kontra strategi di setiap laga guna mengecoh lawan.

Di Piala AFF lalu, total, Shin Tae-yong bermain menggunakan 4 sistem yang berbeda, yaitu 3-4-3, 4-2-3-1, 4-4-2, dan skema ala Guardiola dengan bentuk 4-1-4-1.

Alfeandra Dewangga adalah pemain yang diprediksi akan menggendong Timnas Indonesia di Piala AFF U-23 ini.

Pemain milik PSIS Semarang tersebut adalah tipikal versatile, ia mampu bermain di 3 posisi dengan sama baiknya.

Yaitu sebagai bek tengah, Gelandang bertahan, dan bek kiri, atribut dan etos kerja yang ia miliki memudahkanya untuk bermain di beberapa posisi dengan maksimal.

Dewangga akan menjadi arwah dari gaya bermain yang Shin Yae-yong di pertandingan-pertandingan Timnas Indonesia pada Piala AFF U-23 mendatang.

Etos kerja dan visi bermainnya yang apik membuat Tae-yong memiliki ide untuk memberi transformasi posisi kepada dewangga untuk menjadi seorang gelandang.

Bermain di posisi tersebut, Dewangga sukses menyumbangkan satu assist kala Indonesia menumbangkan Laos di partai kedua Penyisihan grup Piala AFF 2021.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini