News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Piala AFF U19 2022

Timnas Indonesia Masih Tergantung Hasil Tim Lain, Layakkah STY Dipertahankan? Ini Kata La Grande

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae-yong berdiri di pinggir lapangan pada laga Timnas U-19 Indonesia Vs Vietnam pada laga Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (2/7/2022).

Timnas Indonesia Masih Tergantung Hasil Tim Lain, Layakkah Shin Tae-yong Dipertahankan? Ini Kata La Grande Indonesia

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Terlepas dari aksi pemain Thailand dan Vietnam yang cederung menampilkan aksi unfair play, kekecewaan atas tidak lolosnya Timnas U-19 Indonesia juga didasari oleh ketidakmampuan skuad Garuda Muda menentukan nasibnya sendiri.

Timnas Indonesia U-19 masih harus tergantung pada hasil pertandingan lain lantaran tak mampu menang di fase grup saat berhadapan langsung dengan Thailand dan VIetnam.

Hal ini yang menjadi sorotan dari kelompok suporter La Grande Indonesia. Mereka berharap, ke depan Timnas U-19 Indonesia bisa lebih solid sehingga tak harus menggantungkan nasib pada rival.

Baca juga: La Grande Indonesia Sebut Suporter Lawan Juga Sesalkan Aksi Unfair Play Pemain Thailand dan Vietnam

Para pesepak bola Tim Nasional Indonesia U-19 menyapa suporter usai pertandingan Timnas Indonesia U-19 melawan Timnas Myanmar U-19 dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (10/7/2022). Meskipun Timnas Indonesia mampu mengalahkan Myanmar dengan skor telak 5-1, namun Indonesia gagal melaju ke semifinal Piala AFF U-19 setelah hanya berada di posisi ketiga pada klasemen akhir penyisihan grup. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Pun, meski tersingkir dari Piala AFF U-19, perjuangan Ronaldo Kwateh dkk. tetap diapresiasi oleh suporter Timnas Indonesia.

Tak hanya pemain, pelatih Shin Tae-yong juga turut mendapatkan dukungan dari La Grande Indonesia.

Bahkan, Divisi Komunikasi Kelompok Suporter La Grande Indonesia, Ilham Sukrai Harahap mengatakan, Shin Tae-yong masih di jalur yang benar.

“Kami sebagai suporter sih maupun tidak lolos kita tetap apresiasi ke pemain. Pertandingan juga kemarin sudah menarik, paling produktif dan menghibur dari cara permainannya,” kata Ilham saat dihubungi Tribunnews, Selasa (12/7/2022).

“Kalau pelatih, La Grande melihatnya Shin Tae-yong masih di trek yang baik ya,” sambungnya.

Lebih lanjut, Ilham menilai komentar dari Shin Tae-yong soal minimnya striker lokal harus benar-benar diresapi oleh PSSI sebagai federasi sepakbola Indonesia.

Baca juga: Ketua Umum PSSI Sebut Sekjen AFF Lihat Langsung Kelakuan Unfair Play Pemain Thailand dan Vietnam

Pelatih Tim Nasional Indonesia U-19, Shin Tae-yong menyapa suporter usai pertandingan Timnas Indonesia U-19 melawan Timnas Myanmar U-19 dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (10/7/2022). Meskipun Timnas Indonesia mampu mengalahkan Myanmar dengan skor telak 5-1, namun Indonesia gagal melaju ke semifinal Piala AFF U-19 setelah hanya berada di posisi ketiga pada klasemen akhir penyisihan grup. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

PSSI harus fokus membina dan lebih masif lagi menggelar turnamen atau kompetisi usia muda agar kedepan semakin banyak lagi striker muda yang berkualitas.

“Cuma kan masalahnya kemarin ada komentar Shin Tae-yong soal striker, nah kan kalau striker muda tidak dibentuk begitu saja, jenjang kompetisi, pembinaan juga harus jelas dari U-10 mungkin. Jadi balik lagi ke federasi gimana membenahi liga-liga yang junior ya,” ujarnya.

Setelah tersingkir dari Piala AFF U-19, Timnas Indonesia U-19 kembali dipersiapkan tampil pada Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 pada 10 – 18 September 2022.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini