News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kongres Luar Biasa PSSI

Cuma 38 Menit Proses Pemilihan, Erick Thohir Menangkan KLB, Resmi Terpilih Jadi Ketua Umum PSSI

Penulis: Abdul Majid
Editor: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Erick Thohir kini telah resmi menjadi Ketua Umum PSSI. Proses pemilihan berlangsung singkat atau sekitar 38 menit saja bagi Erick Thohir untuk terpilih. Erick Thohir memenangkan proses pemilihan Ketua Umum PSSI dalam tempo singkat. Ketua Umum PSSI 2019-2023 Mochamad Iriawan, Lanyalla Mahmud Mattalitti, Erick Thohir, dan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI, di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (16/2/2023). (Tribunnews/Alfarizy)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Erick Thohir kini telah resmi menjadi Ketua Umum PSSI.

Proses pemilihan berlangsung singkat atau sekitar 38 menit saja bagi Erick Thohir untuk terpilih.

Erick Thohir memenangkan proses pemilihan Ketua Umum PSSI dalam tempo singkat.

Erick Thohir menang telak dalam pemilihan Ketua Umum PSSI yang berlangsung dari pukul 11:40 WIB hingga pukul 12:18 WIB.

Erick Thohir resmi menjadi Ketua Umum (Ketum) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Kepastian ini didapat setelah mayoritas pemegang suara (voters) memilihnya sebagai Ketum PSSI dalam Kongres Luar Biasa (KLB) di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (16/2/2023).

"Berdasarkan penghitungan suara suara, untuk Aa Nyalla total suara 22, Erick Thohir 64 suara, dengan demikian ketua umum PSSI Terpilih periode 2023-2027 adalah Bapak Erick Thohir," ujar Ketua Komite Pemilihan (KP) Amir Burhanuddin saat membacakan hasil pengumuman pemilihan ketum PSSI.

Proses pemilihan berlangsung sekitar 38 menit yang dimulai pada pukul 11.40 WIB dan berakhir pukul 12.18 WIB. Sejak awal penghitungan suara, mantan Presiden Inter Milan itu begitu mendominasi.

Erick berhasil mengantongi 64 suara atau unggul dibandingkan La Nyalla yang hanya meraih 22 suara, dua kandidat lain, Doni Setiabudi dan Arif Putra Wicaksono tidak meraih suara.

Amir mengatakan KLB kali ini diikuti 86 voters yang terdiri atas 34 asosiasi provinsi (asprov), 18 klub Liga 1, 15 klub Liga 2, 16 klub Liga 3, serta federasi futsal, asosiasi pelatih, dan asosiasi sepakbola wanita.

Setelah ketua umum, proses pemilihan dilanjutkan untuk calon wakil ketua umum dan komite eksekutif (exco) di hari yang sama.

Erick Thohir terpilih jadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027.

Kepastian itu ia dapatkan usai meraih 64 suara, sementara La Nyalla Mattalitti meraih 22 suara.

"Erick Thohir 64 suara, AA LaNyalla Mattalitti 22 suara. Dengan ini Erick Thohir menjadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027," tulis staf PSSI dalam grup PSSI Pers, Kamis (16/2/2023).

Dengan perolehan suara tersebut, dua calon lainnya yakni Arif Putra Wicaksono dan Doni Setiabudi tidak mendapatkan suara.

Setelah ini, agenda KLB PSSI giliran akan menentukan Wakil Ketua Umum PSSI dan anggota EXCO PSSI.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini