News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Piala Dunia U20

Batal Tuan Rumah Piala Dunia U20, Indonesia Dapat Sanksi Pembatasan Penggunaan 'Dana FIFA Forward'

Editor: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

PEGANG BOLA- Presiden FIFA, Gianni Gianni Infantino dan Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir memegang bola setelah mereka bertemu di Paris

TRIBUNNEWS.COM- Buntut dari batalnya Piala Dunia U20 di Indonesia, FIFA membekukan dana untuk asosiasi sepak bola Indonesia setelah kehebohan Piala Dunia U-20

Dikutip dari Reuters, dana pengembangan yang dialokasikan untuk asosiasi sepak bola Indonesia dibekukan oleh FIFA setelah Indonesia kehilangan kesempatan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun ini.

Dalam keterangannya di situs resmi FIFA pada Kamis (6/4), FIFA tidak lagi memberikan kepercayan kepada Indonesia untuk menggelar acara Piala Dunia U20 yang akan digelar pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Undian penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia telah dibatalkan FIFA karena ada banyak penolakan kehadiran timnas Israel termasuk penolakan dari gubernur Jawa Tengah dan Bali.

Bulan lalu sejumlah demonstran beraksi di ibu kota Jakarta mengibarkan bendera Indonesia dan Palestina, menuntut agar Israel tidak diizinkan untuk berpartisipasi.

Penghapusan Piala Dunia U-20 di Indonesia menyebabkan kesedihan dan kekecewaan di antara para penggemar dan pemain di negara yang gila sepak bola.

FIFA mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa "sementara merekomendasikan pembatasan" penggunaan dana pengembangan FIFA Forward untuk PSSI.

Dan akan mempertimbangkan kembali pencabutan sanksi tersebut setelah meninjau rencana Indonesia untuk memperbaiki sepak bola Indonesia.

Ketua PSSI Erick Thohir mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa sanksi administratif akan berdampak pada kebutuhan operasional PSSI tetapi tidak memberikan perincian lebih lanjut.

Dia menyampaikan instruksi Presiden Joko Widodo untuk melakukan transformasi sepak bola Indonesia, termasuk merenovasi lebih dari 20 stadion.

"Indonesia bisa terhindar dari hukuman berat diasingkan dari sepak bola dunia," ujar Erick Thohir dikutip Reuters. "Ini lebih seperti kartu kuning, bukan kartu merah."

Sebelumnya, Indonesia juga pernah mendapat sanksi FIFA saat itu, berupa FIFA melarang Indonesia bermain di acara internasional pada 2015 karena campur tangan pemerintah.

Mengenal Dana FIFA Forward

Dana FIFA Forward adalah dana bantuan FIFA untuk pengembangan sepak bola di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini