News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Piala Asia 2023

Jadwal dan Bagan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, Skenario Lolos hingga Pemetaan Lawan

Penulis: Muhammad Nursina Rasyidin
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Jadwal & bagan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, skenario lolos jadi juara grup, runner-up, 3 terbaik, calon lawan di babak 16, dan perempat final. - Pesepak bola Timnas Indonesia menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum melawan Vietnam pada pertandingan semifinal leg I Piala AFF di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Jumat (6/1/2023).

TRIBUNNEWS.COM - Piala Asia 2023 dijadwalkan mulai pada 12 Januari 2024 mendatang.

Timnas Indonesia diketahui berada dalam grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam setelah drawing grup Piala Asia 2023 dilakukan oleh AFC di Katara Opera House, Doha, Qatar, kemarin, Kamis (11/5/2023).

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menyebut kans skuad Garuda untuk melaju ke babak selanjutnya 50 persen meski lawan yang akan mereka hadapi tidak mudah, termasuk jawara terbanyak Piala Asia, Jepang dengan koleksi 4 trofi.

Lalu, bagaimana jika peluang tersebut benar terjadi, dan bagaimana jika Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 lewat jalur peringkat 3 terbaik?

Baca juga: Piala Asia 2023: Masuk Grup Neraka, Shin Tae-yong Sebut Peluang Timnas Indonesia Lolos 50 Persen

Berikut jadwal lengkap dan bagan Piala Asia 2023, pemetaan lawan Timnas Indonesia jika berhasil melaju ke babak 16 besar.

"Saya akan mengatakan peluang kami untuk lolos ke babak sistem gugur adalah sekitar 50 persen tetapi saya memiliki kepercayaan yang besar pada tim," ucap Shin Tae-yong usai drawing Piala Asia 2023, dikutip dari AFC.

Sepenggal kalimat tersebut bermakna mendalam dengan optimisme yang diusung oleh pelatih asal Korea Selatan itu.

Tak mudah bagi Timnas Indonesia melaju ke babak gugur (16 besar) mengingat lawan yang mereka hadapi adalah jawara terbanyak di Piala Asia, yakni Jepang.

Tim besutan Hajime Moriyasu juga merupakan runner-up di Piala Asia 2019 sebelum kalah dari Qatar.

Sementara Irak merupakan jawara tahun 2007, runner-up tahun 1976 dan 2015.

Dan yang menjadi rival panas Timnas Indonesia, Vietnam, di mana Shin Tae-yong belum berhasil mengalahkan tim peringkat 95 FIFA itu sejak menangani skuad Garuda pada 2019.

Tapi, jika berhasil melaju ke babak 16 besar Piala Asia, hasil yang cukup mengejutkan dan patut dinantikan bagaimana kiprah skuad Garuda.

Skenario Lolos dari Grup dan Lawan di 16 Besar

Bek Timnas Indonesia usai lawan Burundi, Rizky Ridho, Jordi Amat, dan Elkan Baggott berfoto di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (25/3/2023) malam. (PSSI)

Peluang itu masih ada, masih ada sekitar 6 bulan bagi Shin Tae-yong mempersiapkan Jordi Amat dan kolega untuk Piala Asia 2023.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini