News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Timnas Indonesia

Piala AFF dan Asian Games Jadi Loncatan Timnas Indonesia ke Asia, Olimpiade hingga Piala Dunia

Penulis: Muhammad Nursina Rasyidin
Editor: Drajat Sugiri
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pesepak bola Timnas Indonesia berfoto sebelum pertandingan melawan Argentina pada FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), di Jakarta, Senin (19/6/2023). - Piala AFF U23 dan Asian Games tanpa target, persiapan Timnas Indonesia untuk mimpi lebih besar ke Asia, Olimpiade, hingga Piala Dunia.

TRIBUNNEWS.COM - Tak ada target yang dibebani PSSI untuk Shin Tae-yong dan Indra Sjafri dalam menangani Timnas U23 Indonesia dan Timnas U20 Indonesia dalam beberapa event ke depan.

Untuk Shin Tae-yong, dia akan memimpin Timnas U23 Indonesia di ajang Piala AFF U23 2023 pada 17-26 Agustus mendatang di Thailand.

Lalu dilanjutkan dengan kualifikasi Piala Asia U23 yang berlangsung di Solo.

Timnas U23 Indonesia tergabung dalam grup K bersama Turkmenistan dan Taiwan.

Baca juga: Pembagian Tugas Shin Tae-yong, Indra Sjafri, dan Bima Sakti Tangani Timnas Indonesia

Pada ajang tersebut, PSSI lebih menekan dengan harapan bisa lolos dari babak fase grup untuk melaju ke putaran Piala Asia U23 yang akan berlangsung di Doha, Qatar pada tahun 2024 mendatang.

Sementara Indra Sjafri akan memimpin skuad Garuda Muda U20 di ajang Asian Games 2023 Guangzhou, China mulai 23 September hingga 8 Oktober 2023.

"Ya sama seperti Asian Games, kami tidak menargetkan apa-apa," ucap Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dikutip dari BolaSport.

Erick Thohir berharap, gelaran yang akan diikuti oleh skuad muda Timnas Indonesia sebagai persiapan untuk tim senior karena tak sedikit dari mereka yang menjadi tumupuan di utama senior.

Rizky Ridho, Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam, Marselino Ferdinan, Edo Febriansyah, hingga Ernando Ari.

Masing-masing dari mereka punya tempat untuk memperkuat Timnas Indonesia di level umur.

Hal ini mengingat cara Shin Tae-yong dengan memangkas generasi demi kebugaran dalam skuad Timnas Indonesia senior.

Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia, Rafael Struick dan Ivar Jenner saat bermain bersama Timnas Indonesia melawan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Senin (19/6/2023). (Instagram @rafaelstruick)

"Kami ingin tim muda kita dipersiapkan sebagai jenjang tim seniornya. Ingat, kualifikasi Piala Asia U23 di Solo pada bulan September, kalau bisa kita lolos," bebernya.

Goalnya adalah, pemain yang dipersiapkan ini bisa berprestasi lebih tinggi karena menyusul cita-cita PSSI periode ini untuk membawa Garuda terbang tinggi.

Level Piala Asia bahkan hingga Piala Dunia 2026 mendatang jadi target dan impian bersama.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini