News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Timnas Indonesia

Seabad Piala Dunia 2030 di Enam Negara, Asia-Oceania Dapat Jatah Piala Dunia 2034, Indonesia?

Penulis: Facundo Chrysnha Pradipha
Editor: Drajat Sugiri
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

MENANG CANTIK - Egy Maulana (10) melakukan selebrasi usai mencetak gol pada babak pertama pada laga uji coba internasional melawan Turkmenistan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jumat (8/9/2023) malam. Bersamaan dengan keputusan Piala Dunia 2030 di 6 negara, Asia dan Oceania bisa mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034, termasuk Indonesia SURYA/HABIBUR ROHMAN

TRIBUNNEWS.COM - Negara di Asia-Oceania berpotensi mendapat jatah penyelenggaraan Piala Dunia tahun 2034.

Di sisi lain, Arab Saudi menyatakan kesiapan diri menjadi tuan rumah pesta sepak bola dunia empat tahun sekali.

Saat ini FIFA telah memutuskan enam negara sebagai venue penyelenggaraan Piala Dunia 2030.

Enam negara yakni Spanyol, Portugal dan Maroko sebagai tuan rumah bersama ditambah Uruguay, Paraguay dan Argentina sebagai laga pembuka.

Penambahan Uruguay, Paraguay dan Argentina sebagai tempat pelaksanaan Piala Dunia 2030  lantaran berbarengan dengan 100 tahun ajang Piala Dunia digelar.

Baca juga: Bedah Skema Timnas Indonesia Ala Shin Tae-yong Lawan Brunei Darussalam, 4-2-3-1 atau 3-4-1-2?

Lantas pengajuan diri Arab Saudi sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034 secara tidak langsung membuka peluang Indonesia ikut menjadi tuan rumah bersama.

Demikian karena FIFA belum mengetok palu terhadap tempat event bergengsi yang digelar pada 2034.

Seperti sebuah mimpi sekaligus misi Timnas Indonesia berkiprah kembali di Piala Dunia, setelah terakhir pada 1938 di Prancis ikut serta dengan nama Hindia Belanda.

Selebrasi pesepak bola Timnas Indonesia, Witan Sulaeman memeluk Pratama Arhan setelah mencetak gol ke gawang China Taipei dalam ajang kualifikasi Piala Asia U23 2024 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (9/9/2023) malam. (TRIBUNNEWS/Muhammad Nursina)

Shin Tae-yong (STY), pelatih Timnas Indonesia pun ingin mencetak sejarah dengan menargetkan timnas lolos ke Piala Dunia 2026 memanfaatkan delapan slot wakil Asia.

Keseriusan STY tersebut bahkan sudah terlihat dengan mengantar Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 dan Piala Asia U23 2024.

Sembari memperkokoh skuad muda dan senior, STY berharap misinya tersebut bisa terwujud dengan kerjasama berbagai pihak tak hanya pemain dengan ofisial.

"Setelah ini akan fokus ke senior untuk FIFA Matchday dan Piala Asia," ucap shin Tae-yong setelah menanggapi batalnya Piala Dunia U20 digelar di Indonesia, dikutip dari BolaSport.com.

"Saya akan mempersiapkan tim senior agar bisa masuk di Piala Dunia, ada 8 tiket untuk wakil Asia," tambahnya.

"Saya akan berusaha mencetak sejarah."

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini