News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Liga Inggris

Mourinho Buka Tabir Lama, Tertawakan Tottenham Hotspur yang Puasa Panjang Raih Trofi

Penulis: Arif Tio Buqi Abdulah
Editor: Bobby Wiratama
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pelatih AS Roma asal Portugal Jose Mourinho menyaksikan pertandingan leg pertama semifinal Liga Europa UEFA antara AS Roma dan Bayer Leverkusen di Stadion Olimpiade di Roma pada 11 Mei 2023. Jose Mourinho membuka tabir lama saat ia dipecat dari Tottenham Hotspur pada 2021 silam. Mourinho menertawakan mantan klubnya Tottenham Hotspur. Alberto PIZZOLI / AFP

TRIBUNNEWS.COM - Jose Mourinho membuka tabir lama saat ia dipecat dari Tottenham Hotspur pada 2021 silam.

Mourinho secara terang-terangan menertawakan mantan klubnya, yakni Tottenham Hotspur, yang telah puasa trofi selama bertahun-tahun, namun justru memecat dirinya secara mendadak dua tahun silam.

Seperti diketahui, Spurs pernah berada di ambang meraih trofi setelah bertahun-tehun puasa gelar juara.

Momen itu terjadi pada 2021 silam saat mereka menembus final Piala Liga Inggris atau Carabao Cup pada bulan April.

Kala itu Spurs berjumpa Manchester City di laga puncak yang dimainkan di Wembley. Namun dua hari sebelum laga final itu, Jose Mourinho yang kala itu melatih Son Heung-min dkk malah justru dipecat.

Ya, hanya dua hari sebelum laga final digelar, pelatih asal Portugal itu diputus kontraknya lantaran performa yang terus menurun.

Baca juga: Jose Mourinho Ungkap Alasan Kepindahan De Bruyne dan Mohamed Salah dari Chelsea

Memang performa Tottenham terus melorot sejak pertengahan Maret 2021 kala itu. Dalam tujuh laga terakhir di semua kompetisi, Spurs hanya bisa meraih dua kemenangan dan menelan tiga kekalahan.

Inkonsistensi itu membuat Tottenham tersingkir dari 16 besar Liga Euoropa dan terancam gagal finis di empat besar Liga Inggris.

Jose Mourinho pada akhirnya harus menerima kenyataan dipecat Tottenham Hotspur meskipun kontraknya tersisa sekitar dua tahun lagi sampai Juni 2023.

Meski laga final untuk meraih trofi Carabao Cup didepan mata, namun manajemen Spurs tetap memilih memecat Mourinho.

Pemecatan Mourinho itu menjadi sorotan karena dinilai justru merugikan Spurs yang bersiap untuk melakoni laga puncak untuk mendapatkan trofi Piala Liga.

Setelah tiga tahun berlalu, Mourinho pun bersuara soal pemecatan dirinya dari Spurs. Disebutnya, itu adalah pemecatan paling konyol.

"Situasi paling konyol yang pernah terjadi di sebuah klub dengan lemari trofi yang kosong, di mana saya dipecat dua hari sebelum partai final," ungkap Mourinho saat berbincang di The Obi One Podcast milik Obi Mikel di YouTube.

Manajer Manchester City Spanyol Pep Guardiola (kanan) berjabat tangan dengan pelatih kepala Portugis Tottenham Hotspur Jose Mourinho (kiri) selama pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Tottenham Hotspur dan Manchester City di Stadion Tottenham Hotspur di London, pada 21 November 2020. Tottenham menang pertandingan 2-0. (CLIVE ROSE / POOL / AFP)

Baca juga: Muak Jose Mourinho Tahu AS Roma Lalui Play Off Liga Eropa, Tim Buangan Liga Champions Jadi Korban

Tottenham terakhir kali berhasil memenangkan trofi yakni 18 tahun yang lalu, di mana kala itu mereka menjuarai Piala Liga.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini