News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Piala Asia 2023

Plot Twist 16 Besar Piala Asia: Timnas Indonesia Runner-up, Jepang & Korea Selatan Ranking 3 Terbaik

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Febri Prasetyo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Timnas Indonesia bisa lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 sebagai runner-up grup - Para pemain Indonesia berfoto bersama sebelum dimulainya pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Vietnam dan Indonesia di Stadion Abdullah bin Khalifa di Doha pada 19 Januari 2024.

TRIBUNNEWS.COM - Perburuan tiket 16 besar Piala Asia 2023 makin memanas. Skenario terjadinya plot twist tim yang lolos ke 16 besar Piala Asia edisi kali ini terbuka lebar.

Dua di antaranya ialah Timnas Indonesia menyandang status runner-up grup, sedangkan Korea Selatan maupun Jepang lolos ke 16 besar melalui jalur ranking tiga terbaik.

Berkaca kepada pertandingan terakhir yang akan dihadapi Samurai Biru dan Taeguk Warriors, plot twist keduanya bersaing melalui jalur peringkat tiga terbaik hampir dikatakan mustahil.

Sebagai informasi, Jepang pada matchday pamungkas grup D Piala Asia 2023 akan menghadapi Timnas Indonesia, sedangkan Son Heung-min dan kolega bersua dengan skuad asuhan Kim Pan-gon, Malaysia.

Di atas kertas, Jepang dan Korea Selatan, dua tim difavoritkan bertemu pada partai final Piala Asia 2023, tidak menemukan kesulitan untuk mengalahkan lawannya pada laga penentuan mendatang.

Hanya saja hasil kejutan dalam pertandingan sepak bola bukan sesuatu yang bisa diprediksi secara mutlak. 

Saat ini Jepang menduduki posisi kedua di tabel klasemen Grup D bermodal 3 poin.

Pun dengan Timnas Indonesia, meski memiliki koleksi angka sama dengan Jepang, namun tim asuhan Shin Tae-yong duduk di urutan 3 klasemen Grup D karena kalah produktivitas dan selisih gol.

Sedangkan Korea Selatan menyandang status runner-up klasemen sementara Grup E lewat raihan 3 angka.

Adapun Malaysia menjadi juru kunci dan dipastikan tersingkir dari Piala Asia 2023 karena belum mengemas poin sama sekali dalam dua pertandingan di fase grup.

Plot Twist Timnas Indonesia ke 16 Besar sebagai Runner-up

Baca juga: Efek Perburuan Tiket 16 Besar Piala Asia, Jepang Grogi saat Menantang Timnas Indonesia

Dalam realisasinya, bukan tidak mungkin Timnas Indonesia mampu mengalahkan Jepang. Hal ini bisa dilihat saat Irak membungkam Raja Asia ini dengan skor 2-1 pada matchday kedua.

Kala itu Irak yang berstatus nonunggulan mampu membalikkan prediksi untuk memupus mimpi tim besutan Hajime Moriyasu meraih 3 poin.

Contoh lain ialah saat Jordania menahan imbang Korea Selatan 2-2 juga tidak bisa dikesampingkan.

Artinya, mengalahkan tim dengan status favorit juara pada fase grup Piala Asia kali ini bukan menjadi sesuatu hasil yang langka.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini