News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Soccer Star

Daftar Atlet dengan Bayaran Tertinggi 2023: Cristiano Ronaldo Pertama, Mbappe setelah Messi

Penulis: Arif Tio Buqi Abdulah
Editor: Dwi Setiawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Penyerang Al Nassr, Cristiano Ronaldo tersenyum selama pertandingan Liga Champions melawan Persepolis di Stadion Al Awwal pada 27 November 2023.

TRIBUNNEWS.COM - Cristiano Ronaldo ternyata masih menjadi atlet dengan bayaran tertinggi di dunia saat ini.

Daftar atlet dengan bayaran tertinggi tahun 2023 terungkap pada hari Kamis (8/2/2024) kemarin, dengan dua pemain sepak bola paling terkenal di peringkat dunia berada di peringkat tiga teratas.

Situs web 'Spotrtico' yang berspesialisasi dalam ekonomi olahraga mengungkap bintang Al Nassr saat ini, Cristiano Ronaldo, memuncaki daftar tersebut mengalahkan atlet lain dari berbagai bidang olahraga.

Ronaldo menjadi atlet yang menerima bayaran paling banyak sepanjang 2023 lalu dengan menghasilkan pundi-pundi uang mencapai $257 juta dollar atau lebih dari Rp4 triliun.

Rival utama Ronaldo yang kini bermain di MLS, yakni Lionel Messi, juga tidak ketinggalan menempati posisi ketiga dengan $130 juta atau sebesar Rp 2 triliun, dimana $65 juta dari gajinya, dan jumlah yang sama dari iklan.

Adapun tempat kedua dalam daftar tersebut diisi oleh ditempati oleh pegolf Spanyol Jon Rahm, yang mengantongi $203 juta (Rp3,1 triliun), di mana $181 juta (Rp1,8 triliun) dari hadiah, dan $22 juta (Rp344 miliar) dari sponsorship.

Setelah pergi dari Manchester United, Ronaldo menandatangani kontrak dengan Al Nassr pada awal Januari 2023 yang diyakini bernilai lebih dari $200 juta per tahun.

Dengan lebih dari setengah miliar pengikut di media sosial, Ronaldo menghasilkan sekitar $60 juta dari dukungan sponsor di luar lapangan.

Baca juga: Hasil Al Hilal vs Al Nassr Riyadh Season Cup: Kalah 2-0, Ronaldo Gagal Tuntaskan Misi Balas Dendam

Ronaldo dan Messi adalah dua dari empat pemain sepak bola yang masuk enam besar dalam daftar Sportico, diikuti oleh Kylian Mbappé ($125 juta) dan Neymar ($121 juta).

Empat pemain NBA berada di peringkat 10 besar, dengan LeBron James memimpin dengan $125,7 juta, sekaligus menjadi atlet Amerika pertama dalam daftar berkat gajinya $45,7 juta ditambah $80 juta dalam iklan.

NBA menyumbang tiga nama berikutnya ke dalam daftar: Stephen Curry berada di urutan ketujuh secara keseluruhan, dengan total pendapatan $98,9 juta.

Giannis Antetokounmpo ($88,4 juta) dan Kevin Durant ($86,4 juta) masing-masing berada di urutan kedelapan dan kesembilan.

Bagian yang paling mencolok dari daftar ini adalah tidak ada atlet wanita yang masuk dalam 100 besar, yang menandai pertama kalinya hanya atlet pria yang masuk dalam tiga tahun Sportico mengumpulkan atlet dengan bayaran tertinggi, menurut jurnalis Sportico Kurt Badenhausen.

Pemenang AS Terbuka Coco Gauff adalah atlet wanita dengan bayaran tertinggi pada tahun 2023 dengan perkiraan $22,7 juta dari hadiah uang, dukungan, dan penampilan.

Baca juga: Rapor Jeblok Ronaldo Berjumpa Al Hilal, Al Nassr Tiga Kali Dipecundangi Tanpa Bisa Cetak Gol

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini