News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Soccer Star

Tendang Ronaldo dan Messi, Kylian Mbappe Puncaki Daftar Kekayaan Merek Dagang Pesepak Bola Dunia

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Penyerang Prancis Paris Saint-Germain #07 Kylian Mbappe merayakan dengan medalinya setelah memenangkan pertandingan sepak bola Piala Champions Prancis (Trophee des Champions) antara Paris Saint-Germain (PSG) vs Toulouse FC di stadion Parc des Princes di Paris pada 3 Januari 2024. FRANCK FIFE / AFP

TRIBUNNEWS.COM - Kylian Mbappe memiliki hak perlindungan kekayaan intelektual lebih banyak dari Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Pemain yang diisukan kuat merapat ke Real Madrid ini memiliki merek dagang yang jumlahnya unggul dari CR7 maupun La Pulga.

Meski sudah berusia kepala tiga, tidak bisa dipungkiri bahwa Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi merupakan pemain sepak bola terbaik dunia saat ini.

Siapa yang berhak menyandang label  Greatest of All Time (GOAT) pun terus memicu perdebatan di jagad sepak bola dunia, khususnya dari basis fans Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Sulit rasanya pemain top seperti Erling Haaland, Kylian Mbappe, Kevin de Bruyne, Jude Bellingham hingga Neymar untuk meruntuhkan supremasi pesepak bola pemilik gelar Ballon d'Or terbanyak ini.

Cristiano Ronaldo mengejar bola pada pertandingan Al Feiha vs Al Nassr babak 16 Besar Liga Champions Asia di Prince Faisal bin Fahd Stadium, Arab Saudi, Kamis (15/2/2024) (Twitter @CR7HQ_)

Menariknya, dalam laporan Japan Today, ada satu hal yang membuat bintang Paris Saint-Germain (PSG), Kylian Mbappe unggul dari Ronaldo-Messi.

Mbappe, disebutkan memiliki merek dagang yang lebih banyak dari Messi dan Ronaldo.

Mantan pemain AS Monaco tersebut memiliki tujuh merek dagang Uni Eropa, termasuk pose menyilangkan tangannya yang terkenal, dibandingkan dengan enam merek dagang yang dimiliki Messi dan Ronaldo.

Sulit untuk mengatakan apakah Kylian Mbappe mengungguli Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dalam pertarungan mereka untuk mendapatkan gelar kehormatan “pemain terbaik di dunia”.

Namun menjelang kepindahannya ke Real Madrid, Mbappe sudah memimpin beberapa pemenang Ballon d’Or dalam hal perlindungan kekayaan intelektual.

Reaksi pemain Inter Miami, Lionel Messi saat menghadapi Vissel Kobe di Stadion Nasional pada 7 Februari 2024. (PHILIP FONG / AFP)

Sebagai tanda kekuatan komersialnya yang luar biasa, striker PSG ini memiliki tujuh merek dagang Uni Eropa, termasuk pose selebrasi golnya yang ikonik, nama, dan logo perusahaannya.

Baca juga: Daftar Tim Lolos Perempat Final Liga Champions: Munchen Rebut Tiket Lazio, Brace Mbappe Loloskan PSG

Menurut Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa (EUIPO), Messi dan Ronaldo masing-masing memiliki enam merek dagang yang didaftarkan

Bahkan pemain Mbappe yang juga berstatus sebagai penggawa timnas Prancis ini mendaftarkan dua kutipan terkenalnya.

Le football, il a change (sepak bola telah berubah) dan Moi, tu m’parles pas d’age (anda tidak berbicara kepada saya tentang usia)” untuk produk-produk termasuk permainan elektronik, aplikasi seluler, poster, tas, alas kaki, kosmetik atau perhiasan."

Merek dagang UE memberikan hak eksklusif di semua negara UE, yang merupakan pasar dengan hampir 500 juta konsumen.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini