News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Liga Eropa

Drawing 8 Besar Liga Eropa: Kans Duel Sesama Tim Italia atau Pemandangan Aneh AC Milan vs Liverpool

Penulis: Arif Tio Buqi Abdulah
Editor: Drajat Sugiri
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Starting eleven AC Milan saat berpose selama pertandingan sepak bola grup F putaran pertama Liga Champions UEFA melawan Paris Saint-Germain di stadion San Siro, pada 7 November 2023. - Derby sesama Italia berpeluang terjadi setelah tiga tim Serie A lolos ke perempat final Liga Eropa. GABRIEL BOUYS / AFP

TRIBUNNEWS.COM - Derby sesama Italia berpeluang terjadi setelah tiga tim Serie A lolos ke perempat final Liga Eropa, Jumat (15/3/2024).

Tiga tim tersebut tak lain adalah AC Milan, AS Roma dan Atalanta. Ketiganya bersama lima tim lain yakni Liverpool, Bayer Leverkusen, West Ham, Benfica dan Marseille akan memperebutkan tiket ke semifinal.

Jadwal drawing 8 besar akan digelar di Nyon Swiss pada Jumat (15/3) siang waktu setempat atau malam waktu Indonesia.

Lolosnya tiga wakil Italia ke 8 besar ini seolah menjadi penyelamat bagi wajah Azzurri di kancah Eropa.

Gelandang AS Roma Italia #07 Lorenzo Pellegrini merayakan setelah mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola Serie A Italia antara AS Roma dan Hella Verona FC di stadion Olimpiade di Roma pada 20 Januari 2024. Filippo MONTEFORTE / AFP (AFP/FILIPPO MONTEFORTE)

Hal ini karena di Liga Champions, wakil Italia semuanya berguguran, tak ada yang menembus perempat final. Inter Milan yang musim lalu menjadi finalis juga tak lolos delapan besar.

Dengan tiga tim yang lolos ke perempat final Liga Eropa, Italia saat ini memimpin puncak peringkat koefisien UEFA dengan 17.713 poin, diikuti oleh Jerman dengan 16.356 poin, lalu Inggris yang mendekat ke posisi ketiga dengan 16.250.

Dengan memimpin puncak Peringkat UEFA, ini membuka peluang Italia untuk mendapatkan tempat kelima di Liga Champions yang memakai format baru musim depan.

Baca juga: Obat Kecele Wakil Italia, AC Milan, AS Roma dan Atalanta Menjajah Liga Malam Jumat

Disisi lain, lolosnya AC Milan, AS Roma dan Atalanta juga menciptakan peluang tim sesama Italia bisa saling bertemu nantinya.

Pertemuan antara AC Milan baik melawan AS Roma maupun Atalanta nantinya akan menjadi pertemuan pertama di Liga Eropa.

Seperti diketahui, mulai fase perempat final undiannya bersifat open draw alias tidak ada batasan terkait tim-tim yang bertanding, sehingga dua klub dari satu negara bisa bertemu.

Dengan begitu, AC Milan misalnya, bisa menghadapi AS Roma maupun Atalanta di perempat final nanti.

Tak hanya itu, seiring dengan menciutnya jumlah kontestan, maka tinggal tim-tim besar yang tersisa sehingga juga bisa menciptakan duel bigmatch nantinya.

Bukan tak mungkin pula tim sekelas AC Milan akan menghadapi lawan berat seperti Liverpool atau Bayer Leverkusen yang belum pernah kalah.

Pertemuan Liverpool vs AC Milan adalah duel yang ikonik. Biasanya pertemuan keduanya terjadi di Liga Champions sehingga pertemuan di Liga Eropa nantinya mungkin bisa menghadirkan pemandangan sedikit aneh di mata publik.

Baca juga: Sesumbar Pioli setelah Bawa AC Milan Lolos ke Perempat Final Liga Eropa

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini