News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Olimpiade Paris 2024

Daftar Peraih Medali Emas Cabor Sepak Bola Olimpiade Sepanjang Masa: Spanyol Akhiri Puasa 32 Tahun

Penulis: Hafidh Rizky Pratama
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Para pemain Spanyol merayakan gol ketiga yang dicetak oleh gelandang Spanyol bernomor punggung 10 Alex Baena dalam pertandingan final medali emas sepak bola putra antara Prancis dan Spanyol selama Olimpiade Paris 2024 di Parc des Princes di Paris pada tanggal 9 Agustus 2024. (Foto oleh PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

TRIBUNNEWS.COM - Inilah daftar peraih medali emas olimpiade cabang olah raga sepak bola sepanjang masa mulai dari 1900 hingga Olimpiade Paris 2024.

Spanyol sukses mengakhiri penantian 32 tahun, sedangkan Prancis gagal juara di rumah sendiri.

Seperti diketahui, Spanyol baru saja berhasil meraih medali emas di cabang olah raga sepak bola putra Olimpiade Paris 2024, pada Sabtu (10/8/2024) dini hari WIB.

Spanyol sukses mengalahkan tuan rumah Prancis dengan drama delapan gol.

Juanlu Sanchez #20 dari Tim Spanyol merayakan gol kedua bagi timnya dalam pertandingan semifinal putra antara Maroko dan Spanyol selama Olimpiade Paris 2024 di Stade de Marseille pada 05 Agustus 2024 di Marseille, Prancis. (Foto oleh Alex Livesey/Getty Images) ALEX LIVESEY / GETTY IMAGES EUROPE / Getty Images via AFP (ALEX LIVESEY / GETTY IMAGES EUROPE / Getty Images via AFP)

Adapun hasil Prancis vs Spanyol yang digelar di Parc des Princes Stadium berakhir dengan skor akhir 3-5 dalam duel yang tersaji 120 menit.

Jalannya pertandingan di waktu normal pun tersaji sangat sengit.

Spanyol yang diunggulkan pun mampu melesat lewat tiga gol yang dicetak Fermin Lopes (18', 25), dan tendangan bebas Alex Baena (28').

Kemudian Prancis dengan susah payah memaksa laga berjalan hingga extra time lewat gol-gol mereka yang dicetak Millot (11'), Aklikouche (79'), dan penalti Mateta (90+3').

Kemudian di babak extra time, kekuatan spanyol pun tak terbendung.

Tim Matador sukses menambah dua gol di babak extra time lewat tembakan Sergio Camello (100', dan 120').

Hasil ini mengantar Spanyol meraih medali emas sepak bola Olimpiade 2024, sementara Prancis harus puas dengan medali perak di kandang sendiri.

Para pemain Spanyol merayakan gol ketiga yang dicetak oleh gelandang Spanyol bernomor punggung 10 Alex Baena dalam pertandingan final medali emas sepak bola putra antara Prancis dan Spanyol selama Olimpiade Paris 2024 di Parc des Princes di Paris pada tanggal 9 Agustus 2024. (Foto oleh PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP) (PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

Baca juga: Hasil Final Bola Olimpiade Paris 2024, Spanyol Raih Medali Emas Usai Bungkam Prancis

Bagi Spanyol medali emas di olimpiade ini merupakan kedua kalinya.

Sebelumnya Spanyol pernah meraih medali emas saat menjadi tuan rumah di Olimpiade 1992 silam.

Spanyol berhasil berdiri di podium tertinggi pada ajang sepak bola Olimpiade yang diselenggarakan di Barcelona.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini