News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Erick Thohir Pimpin PSSI

Arya Sinulingga Beberkan Alasan PHK 43 Karyawan PSSI

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Exco PSSI Arya Sinulingga berbicara kepada wartawan menjelang pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Arya Sinulingga Beberkan Alasan PHK 43 Karyawan PSSI

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Federasi sepakbola Indonesia (PSSI) dikabarkan telah melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kepada 43 karyawannya.

PHK karyawan berasal dari divisi Media dan Teknik.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga pun membenarkan kabar tersebut.

Ia menjelaskan salah satu alasan PSSI memecat sebanyak 43 karyawan karena ingin perubahan atau transformasi dalam struktur PSSI itu sendiri.

“Ini kita lagi melakukan transformasi di sepakbola itu tidak bisa hanya dari luar mau tidak mau juga terhadap organisasinya PSSI. Kami sudah minta konsultan untuk yang namanya kedepan PSSI harus bagaimana kemudian mereka melakukan kriteria-kriteria karena kita mau melangkah kedepan nih ke 2045,” kata Arya kepada wartawan, Senin (2/9/2024).

“Kesiapan organisasi kita bagaimana dan sebagainya, strukturnya ini maka dibutuhkanlah yang namanya perubahan di organisasi PSSI. Nah, perubahan ini dilakukan juga dengan melakukan kriteria dari masing-masing bagian yang dibutuhkan,” lanjut Arya.

“Setelah itu, berdasarkan data tersebut kami melakukan langkah evaluasi kemudian melakukan pemutusan hubungan kerja,” terangnya.

Lebih lanjut, Arya menceritakan pihaknya juga sudah menemui adanya karyawan yang bekerja tidak profesional.

Alasan-alasan tersebut lah yang jadi salah satu faktor PSSI ingin ada perubahan.

“Misalnyak kemarin ada karyawan kita yang dia pegang dokumentasi digital kita, dia itu malah membuat akun sendiri, memanfaatkan aset digital PSSI dimasukkan ke dalam akun tersebut. Bahkan dilakukan penjualan juga tuh terhadap akun-akun tersebut,” beber Arya.

“Kemudaian foto-foto kita dipakai oleh media lain tanpa sama sekali ada itu berasal dari PSSI tapi malah berasal dari orang tersebut, dan ketika ini kita bawa kepada pimpinannya dan kita bilang kau ini sudah pidana loh, sudah berhentikan saja, eh pimpinannya tidak melakukan pemberhentian. Inikan sudah keanehan kalau tidak diberhentikan,”

"Berikutnya lagi, akun sosmed kita ternyata  di-monetize contoh di YouTube, tapi ternyata akun YouTube tersebut rekening adsense-nya itu dimasukkan ke rekening pribadi dan kemungkinan sih dananya tidak masuk ke PSSI,” ujar Arya.

Lebih lanjut, Arya menegaskan meskipun PHK dilakukan jelang laga Timnas Indonesia menghadapi Arab Saudi dan Australia, hal tersebut tak akan mengganggu persiapan.

Ia kembali menegakan, upaya PSSI ini dilakukan PSSI untuk membenahi organisasi dari dalam.

“Tapi sudahlah ini hanya contoh saja bagaimana proses-proses yang terjadi tapi untuk persiapan Indonesia vs Australia kita sih tidak akan terganggu. Mudah-mudahan kita bisa lakukan secara profesional.Jadi memang kalau PSSI berubah harus melakukan transformasi termasuk di tubuhnya sendiri,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini