News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kualifikasi Piala Dunia 2026

Indonesia di Kualifikasi Melangkah dengan Strategi, Shin Tae-yong Kantongi Cara ke Piala Dunia 2026

Penulis: Muhammad Nursina Rasyidin
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pelatih baru Timnas Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae-yong saat acara penandatanganan kontrak dan perkenalan pelatih baru Timnas Indonesia, di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/12/2019). Dalam acara tersebut, Shin Tae-yong yang dikontrak untuk empat tahun ke depan mendapat suvenir jersey Timnas Indonesia bernomor punggung 1 dengan nama punggung Shin Tae Yong. Tribunnews/Jeprima

TRIBUNNEWS.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong punya target realistis untuk bisa membawa skuad Garuda tampil di putaran final Piala Dunia 2026 yang berlangsung di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Shin Tae-yong menyadari, secara peringkat FIFA, Timnas Indonesia kalah dari pesaing di Grup C Round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, yakni Arab Saudi, Australia, apalagi Jepang yang berada di urutan teratas zona Asia.

Dari round 3, dua dari 6 tim teratas di klasemen sudah bisa dipastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2026.

Sementara tim peringkat 3 dan 4 akan melaju ke Round 4 yang nantinya bakal berduel sesama tim Asia yang akan menjadi 2 grup dari 6 tim kontestan.

Pelatih Shin Tae-yong dalam konferensi pers sebelum pertandingan Timnas Indonesia melawan Arab Saudi, Rabu (4/9/2024). (PSSI)

Jika belum berhasil di round 4, masih ada round 5 yang nantinya akan berhadapan dengan koefisien dari benua lain.

Pelatih yang sudah menjabat juru taktik Timnas Indonesia sejak empat tahun terakhir itu dengan realistis menjawab, posisi 3 atau 4 adalah tempat yang bisa diperjuangkan oleh Indonesia.

Jika merujuk pada edisi kualifikasi Piala Dunia 2022 lalu, Jepang, Arab Saudi, dan Australia adalah perwakilan dari grup yang sama.

Baca juga: Prediksi Arab Saudi vs Indonesia, Si Pendatang Baru Ingin Buat Sejarah di Kualifikasi Piala Dunia

Ketiga negara tersebut mengungguli Oman, China, dan Vietnam yang menjadi bulan-bulanan.

Selayaknya perjuangan Timnas Indonesia di Piala Asia U23 lalu ketika berjuang mendapatkan tiket Olimpiade Paris 2024.

Marselino Ferdinan mampu melaju hingga semifinal sebelum akhirnya kalah dari Uzbekistan, dan saat play-off kalah dari Guinea.

Namun, pada perjalanannya, Timnas Indonesia mampu mengalahkan Korea Selatan yang memiliki catatan impresif selalu tampil di Olimpiade dalam 9 edisi berturut-turut.

Selain berhasrat membawa Timnas Indonesia maju melalui jalur play-off, Shin Tae-yong juga ingin membawa skuad Garuda nangkring di peringkat 100 besar FIFA.

Saat ini, dari perwakilan ASEAN adalah Thailand yang menempati urutan pertama di peringkat 101 FIFA.

"Dari peringkat FIFA, Indonesia merupakan paling lemah saat ini, jadi ketimbang memaksakan diri bersaing memperebutkan peringkat pertama dan kedua, mungkin lebih tepat kami harus bekerja keras untuk mencapai peringkat ketiga atau keempat sehingga bisa melaju sampai ke play-off," ucap Shin Tae-yong saat diwawancara FIFA.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini