News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kualifikasi Piala Dunia 2026

Ditahan Imbang Indonesia, Mancini Ungkap Masalah Besar yang Ada di Timnas Arab Saudi

Penulis: Arif Tio Buqi Abdulah
Editor: Tiara Shelavie
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pelatih Arab Saudi asal Italia Roberto Mancini meneriakkan instruksi kepada para pemainnya dari pinggir lapangan selama pertandingan sepak bola Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Arab Saudi dan Korea Selatan di Stadion Education City di al-Rayyan, sebelah barat Doha, pada 30 Januari 2024.

TRIBUNNEWS.COM - Roberto Mancini mengungkap faktor yang membuat Timnas Arab Saudi gagal meraih kemenangan saat melawan Indonesia, Jumat (6/9/2024).

Arab Saudi bermain imbang 1-1 saat menjamu Timnas Indonesia. Dukungan penuh dari publik tuan rumah di King Abdullah Sports City belum bisa membantu tim Roberto Mancini meraih kemenangan.

Meski dominan dengan menguasai possesion ball, namun serangan Arab Saudi tumpul. Dari 18 tembakan hanya empat yang tepat sasaran.

Peluang dari titik penalti pun gagal dimanfaatkan hingga akhirnya harus rela berbagi poin dengan Indonesia.

Mancini kecewa atas hasil ini. Pelatih asal Italia itu membeberkan masalah yang ada pada timnya usai hasil imbang itu.

Mancini mengatakan masalah di Timnas Arab Saudi adalah minimnya pemain yang berpartisipasi di liga utama.

Tim berjuluk The Green Falcons itu memiliki banyak pemain yang bukan merupakan pemain kunci di klubnya.

Baca juga: Keuntungan Timnas Indonesia setelah Tahan Imbang Arab Saudi, Australia Mangsa Selanjutnya

Pemain Arab Saudi yang dipanggil ke timnas ini bukanlah bagian utama di klub mereka, hanya memiliki sedikit menit bermain di liga.

Eksodus pemain-pemain Eropa yang dipimpin Ronaldo yang bergabung ke Al Nassr di Liga Arab Saudi, membuat pemain lokal justru tersisihkan, sehingga pengalaman bermain pun menjadi kurang.

Menurut Mancini, solusi atas permasalahan itu tak lain adalah memberi kesempatan lebih kepada pemain lokal di level klub.

Caranya bisa dengan melakukan pembatasan pemain asing serta memberi aturan wajib untuk memainkan beberapa pemain lokal asli Arab Saudi.

"Para pemain tim nasional Saudi harus berpartisipasi terutama dengan klub mereka," kata Mancini seusai pertandingan, dikutip dari Arriyadiyah.

"Saya memiliki 20 pemain yang duduk sebagai pemain pengganti di pertandingan lokal. Tidak ada solusi untuk dilema ini, dan kami hanya perlu mengintensifkan pekerjaan dengan mereka," jelas Mancini.

Mantan pelatih Manchester City itupun membandingkan timnya dengan Indonesia, di mana tim asuhan Shin Tae-yong mendapat menit bermain yang cukup di level klub.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini