News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kualifikasi Piala Dunia 2026

Profil Maarten Paes, Kiper Timnas Indonesia yang Berhasil Tepis Penalti Arab Saudi

Penulis: Muhammad Ali Yakub
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Maarten Paes saat melakoni debut di laga Arab Saudi vs Timnas Indonesia di King Abdullah Sports City Stadium, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB. Maarten Paes tepis penalti bantu Timnas Indonesia imbang 1-1. Profil Maarten Paes, kiper Timnas Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang berhasil menepis penalti Arab Saudi.

TRIBUNNEWS.COM - Profil Maarten Paes yang merupakan kiper Timnas Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Maarten Paes tampil gemilang di bawah mistar gawang Timnas Indonesia saat menyambangi markas Arab Saudi pada matchday pertama Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Bertanding di King Abdullah Sport City, Jeddah, Timnas Indonesia menahan imbang Arab Saudi dengan skor 1-1, Jumat (6/9) dini hari WIB.

Timnas Indonesia unggul terlebih dahulu lewat Ragnar Oratmangoen (19'). Sedangkan gol Arab Saudi diukir oleh Musah Fahz Aljuwayr (45+3').

Pasukan Shin Tae-yong wajib berterima kasih kepada Maarten Paes.

Bagaimana tidak, Maarten Paes berhasil melakukan penyelamatan penalti yang dieksekusi oleh pemain Arab Saudi, Salem Al Dawsari.

Sosok Maarten Paes memang paling disorot pada laga ini. Selain menjalani debutnya bersama Timnas Indonesia, penampilannya juga sudah ditunggu-tunggu fans Merah-Putih sejak lama.

Maarten Paes saat ucap sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) (PSSI.org)

Maarten Paes sendiri sejatinya sudah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada 30 April lalu.

Namun Maarten Paes belum bisa membela Timnas Indonesia karena masih terhambat aturan FIFA.

Alasannya adalah Maarten Paes pernah membela Timnas Belanda U21 pada ajang Kualifikasi Piala Eropa U21 2021 yang saat itu usianya sudah memasuki 22 tahun.

Baca juga: Profil Ragnar, Pencetak Gol Timnas Indonesia ke Gawang Arab Saudi di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Sementara berdasarkan aturan FIFA, seorang pemain bisa berganti dan bermain untuk tim nasional lainnya jika berusia di bawah 21 tahun.

Meski demikian, drama tersebut terjawab pada Minggu (18/8/2024) setelah Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memastikan Paes dapat membela Timnas Indonesia.

Lalu siapakah sosok Maarten Paes itu?

Profil Maarten Paes

Maarten Paes merupakan kiper asal Belanda yang saat ini membela klub MLS, FC Dallas.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini