News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pengganti Kusini Yengi di Australia, Graham Arnold Panggil Pemain Liga Denmark untuk Lawan Indonesia

Penulis: Arif Tio Buqi Abdulah
Editor: Pravitri Retno W
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bek Indonesia #20 Shayne Pattynama berebut bola dengan penyerang Australia #26 John Iredale selama pertandingan sepak bola Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Australia dan Indonesia di Stadion Jassim bin Hamad di Doha pada 28 Januari 2024. (Foto oleh HECTOR RETAMAL / AFP)

TRIBUNNEWS.COM - Pelatih Timnas Australia, Graham Arnold, memanggil satu pemain baru untuk menghadapi Timnas Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Menilik laman resmi Timnas Australia, sosok yang dipanggil tersebut ialah John Iredale. Ia sebelumnya tidak dipanggil saat pertandingan melawan Bahrain beberapa waktu lalu.

Bergabungnya Iredale berssama tim bejuluk Socceroos untuk melawan Indonesia ini tak lain adalah untuk menggantikan Kusuni Yengi yang harus menjalani hukuman kartu merah.

Striker Kusuni Yengi diusir wasit di menit 77' dan secara tidak langsung berdampak pada permainan Australia hingga akhirnya kalah 0-1 dari Bahrain.

Kusini Yengi tak bisa bermain melawan Indonesia dan akhirnya sang pelatih Graham Arnold memutuskan untuk memanggil Iredale.

Lantas, apakah hal ini akan membuat Australia bertambah kuat?

Kedua pemain merupakan sama-sama berposisi sebagai striker. Namun, melihat statistik yang ada, kehadiran Iredale dirasa tidak akan membuat perubahan besar.

Baca juga: Jelang Timnas Indonesia vs Australia, Maarten Paes Malah Kena Ospek Nyanyi di Skuad Garuda

Iredale saat ini bermain di Liga Super Denmark bersama AaB FodBold. Penyerang 25 tahun itu belum mencetak gol dalam tujuh penampilannya di liga.

Menurut data transfermarkt, ia baru mencatatkan dua penampilan bersama Australia. 

Sementara Kusini Yengi, di level klub bersama Portsmouth, ia baru mencatatkan dua penampilan musim ini dan belum mencetak gol.

Namun, saat bersama Australia ia cukup gacor. Sejak debut pada November 2023 lalu, pemain 25 tahun itu mencatatkan delapan penampilan dan telah mencetak empat gol.

Di level klub, statistik Kusini Yengi lebih produktif jika dilihat dalam kurun tiga tahun terakhir.

Sejak musim 2022/2023, Yengi mencetak 17 gol di level klub, sementara Iredale mengemas 13 gol.

Meski begitu, John Iredale bisa dikatakan kenyang pengalaman bermain di Eropa, terutama di Liga Belanda di mana ia pernah membela SC Heerenveen U19 dan U21.

Sementara, di Liga Jerman, pemain berpostur 188 cm ini pernah bermain bersama Wolsburg II dan Wehen Wiesbaden di Liga 3.

Yengi yang posturnya 2 cm lebih tinggi, baru dua musim terakhir di Liga Inggris dengam membela Portsmouth setelah pindah dari Liga Australia bersama Adelaide United, Western Sydney.

Duel Timnas Indonesia vs Australia ini akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno pada Selasa (10/9/2024) mendatang.

Anda dapat menyaksikan duel Timnas Indonesia vs Australia di RCTI dan streaming RCTI+ jam 19.00 WIB.

(Tribunnews.com/Tio)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini