News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Liga Inggris

Rekor Spesial Mikel Arteta setelah Arsenal Kalahkan Tottenham, Arsene Wenger Mah Lewat

Penulis: Arif Tio Buqi Abdulah
Editor: Suci BangunDS
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Manajer Arsenal asal Spanyol Mikel Arteta merayakan kemenangan mereka di lapangan usai pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Arsenal dan Manchester City di Stadion Emirates di London pada 8 Oktober 2023. Arsenal memenangkan pertandingan tersebut dengan skor 1-0.

TRIBUNNEWS.COM - Kemenangan Arsenal atas Tottenham Hotspur di pekan keempat Liga Inggris pada Minggu (15/9/2024) menghadirkan satu rekor spesial bagi Mikel Arteta.

Arsenal menang 0-1 saat bermain di kandang Spurs, di Tottenham Hotspurs Stadium lewat gol semata wayang dari Gabriel.

Ketidakhadiran Martin Odegaard dan Declan Rice di lini tengah Arsenal ternyata bukan menjadi masalah besar bagi Arteta.

Meski sedikit kalah dalam penguasaan bola, kejelian Arsenal memanfaatkan peluang yang ada akhirnya bisa membuat mereka menang.

Spesialnya dari hasil ini adalah itu menjadi kemenangan tandang ketiga Arsenal saat melawan Spurs dalam tiga musim terakhir di Liga Inggris.

Ya, Arsenal selalu menang saat bertandang ke Tottenham Hotspurs Stadium tiga kali beruntun. Catatan itu cukup langka karena sudah lama tidak pernah diulangi Arsenal sejak 36 tahun silam atau terakhir kali pada 1988.

Lebih spesialnya lagi, seperti dikutip dari Opta, tiga kemenangan terbaru Arsenal di kandang Spurs ini terjadi ketika The Gunners dipimpin satu orang saja, tak lain adalah Mikel Arteta.

Baca juga: Klasemen Liga Inggris Terbaru: Arsenal Kudeta Liverpool, Manchester City Punya Pesaing Baru

Sebelum Arteta, belum ada pelatih Arsenal yang bisa mengukir catatan tiga kemenangan beruntun di kandang Spurs ini. Sekelas Arsene Wenger pun tidak pernah meraih tiga kemenangan beruntun di kandang Spurs.

Di bawah kepemimpinan Arteta, Arsenal bak menjadikan kandang Spurs bak taman bermain dan tak ada kesan angker lagi di Tottenham Hotspurs Stadium.

Adapun dua pertemuan sebelumnya di kandang Spurs, berakhir dengan skor 0-2 pada musim 2022/2023. Pasukan meriam London menang setelah Hugo Loris bunuh diri dan satu gol dari Odegaard.

Lalu, pada musim 2023/2024, Arsenal menang dengan skor 2-3 setelah unggul tiga gol lebih dulu di babak pertama melalui Emile Hojbjerg, Saka dan Kai Havertz yang hanya dibalas dua gol melalui Cristian Romero dan Son Heun-min.

Secara keseluruhan, Arsenal telah memenangkan setengah dari pertandingan tandang Premier League mereka melawan Tottenham di bawah asuhan Mikel Arteta (50 persen - 3/6).

Faktanya, menurut BBC, kemenangan ini hanya terpaut satu kemenangan lebih sedikit dari yang diraih The Gunners dalam 22 laga tandang melawan mereka di kompetisi di bawah asuhan Arsene Wenger (22/4 – D11 K7).

Dengan kemenangan yang terbaru ini, Arsenal kini naik ke posisi dua Klasemen Liga Inggris sementara. Skuad asuhan Mikel Arteta membukukan 10 poin, atau unggul enam angka dari Spurs yang tercecer di posisi ke-16.

"Sulit dipercaya, saya tidak tahu kapan itu terjadi dalam sejarah kami. Setelah jeda internasional, kami mendapat beberapa pukulan. Reaksi tim sangat luar biasa. Itu menunjukkan banyak kedewasaan dari tim."

"Ketika kami harus bertahan di area yang lebih dalam, kami melakukannya dengan sangat baik. Ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan namun kami meraih kemenangan lain di sini dan ini sangat besar. Saya tahu bagaimana perasaan suporter kami mengenai hal ini, jadi nikmatilah," kat Arteta setelah pertandingan.

(Tribunnews.com/Tio)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini