News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pemain China Membangkang, Daftar Pelatih Dipecat Gegara Shin Tae-yong Siap Diupdate

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat ditemui di Lapangan A Komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (31/8/2024) sore WIB.

TRIBUNNEWS.COM - Kemenangan pertama Timnas Indonesia di Round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia sangat mungkin didapat dari markas China. Branko Ivankovic OTW jadi 'korban' terbaru Shin Tae-yong.

Pelatih China, Branko Ivankovic, menghadapi kenyataan pahit jelang melawan Timnas Indonesia karena dikucilkan sejumlah pemain seniornya.

Dilaporkan media China, Sohu, ada insiden pemberontakan datang dari para pemainnya sendiri terhadap Ivankovic 

"Setelah kalah 1-3 saat bertandang ke Australia di babak ketiga, tim nasional China mengalami tiga kekalahan berturut-turut dan menduduki peringkat terbawah grup," tulis Sohu dalam pemberitaannya.

"Yang terjadi selanjutnya bukan hanya kritikan fans terhadap pelatih Ivankovic, tapi juga rumor perselisihan internal."

China kalah 3-1 dari Australia pada matchday 3 kualifikasi Piala Dunia 2026 Round 3 di Adelaide Oval, Kamis (10/10/2024). China berupaya bangkit saat berjumpa Timnas Indonesia pada 15 Oktober mendatang. (Official AFC)

"Beberapa pemain internasional tidak senang dengan Ivankovic. Pamor pelatih Kroasia itu turun ke titik terendah di dalam tim. Perlu disebutkan bahwa ini bukan pertama kalinya pelatih sepak bola nasional (China) menghadapi pengucilan," tulis media Negeri Tirai Bambu itu melanjutkan.

Konflik internal timnas China di mana pemainnya mengucilkan peran pelatih bukan kali pertama terjadi.

Sohu melaporkan, di era Aleksandar Jankovic, pelatih asal Serbia itu juga mengalami pengalaman serupa, hingga akhirnya dipecat dari jabatannya sebagai juru taktik.

"Di era Jakovic, hal serupa juga terjadi di mana pelatih asal Serbia itu juga dikucilkan oleh para pemainnya," tulis Sohu.

Apa yang diperlihatkan pelatih China bak sebagai budaya buruk.  Konon, satu-satunya pelatih yang benar-benar mampu memiliki kendali penuh atas pemain timnas China ialah Marcello Lippi.

Baca juga: Latihan Perdana Timnas Indonesia di China, Ada Dua Pemain yang Cedera

China memang menuai hasil paling buruk di antara Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Dari tiga laga yang sudah dimainkan, Xie Wenneng dan kolega selalu menjadi pecundang.

China masing-masing kalah dari Jepang (0-7), Arab Saudi (1-2), dan Australia (1-3). Team Dragons benar-benar tak berkutik menghadapi tiga tim kuat Grup C. 

Menurut Sohu, melawan tim kejutan di Grup C, Timnas Indonesia, pasukan Branko Ivankovic punya kans besar untuk bangkit.  Namun, jika gagal akibatnya bisa fatal. Sohu mengklaim jika China kalah, jabatan Ivankovic menjadi taruhannya. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini