News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia Waspada, China Ganti Pemain Naturalisasi dengan Striker Lokal yang Lagi On Fire

Penulis: Arif Tio Buqi Abdulah
Editor: Wahyu Gilang Putranto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tim nasional sepakbola China. - Timnas Indonesia akan melakoni laga matchday keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan China pada Selasa (15/10/2024) lusa di Qingdao Youth Football Stadium pukul 19.00 WIB.

TRIBUNNEWS.COM - Timnas Indonesia akan melakoni laga matchday keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan China pada Selasa (15/10/2024) lusa di Qingdao Youth Football Stadium pukul 19.00 WIB.

Jelang pertandingan ini, China harus kehilangan satu pemain pentingnya yang mengalami cedera. Bukan pemain lokal, melainkan adalah pemain naturalisasi.

Sosok yang dimaksud adalah Fernando Henrique da Conceicao alias Fernandinho atau kini lebih dikenal dengan Fei Nanduo dalam bahasa lokal China.

Namun demikian, absennya Fernandinho ini justru menghadirkan ancaman baru, pasalnya penggantinya adalah striker yang saat ini sedang on fire.

Media China, CCTV melaporkan Fernando yang memiliki darah Brasil itu mengalami cedera saat melawan Australia pada 10 Oktober lalu.

Sebelum bermain melawan Australia selama 90 menit, Fernando sebenarnya sudah mengalami ketidaknyamanan otot saat bermain bersama timnya Shanghai Shenhua.

Saat melawan Johor Darul Ta'zim (JDT) di Liga Champions Asia, ia hanya bermain di babak pertama saja. 

Baca juga: Belajar dari Arab Saudi dan Australia, Timnas Indonesia Harus Waspadai Satu Ancaman dari China

Namun saat melawan Austalia, pelatih China Branko Ivankovic memaksanya bermain full time dan akhirnya ia mengalami cedera.

"Pemain Fernando mengalami cedera pada pertandingan melawan Australia dan dipastikan tidak dapat mengikuti pertandingan melawan Indonesia dan akan kembali ke klub untuk menerima perawatan rehabilitasi," tulis federasi sepakbola China melalui pengumuman di Instagram.

Untuk diketahui, Fernandinho mulai merantau dari Brasil pada 2014 dan mencoba Portugal sebagai karir abroadnya. Setahun kemudian, ia mencoba peruntungan di Liga China dengan bergabung bersama CQ Lifan.

Selama berkarier di Chinese Super League (CSL), pemain 31 tahun itu telah bermain untuk enam klub berbeda. Saat ini, ia membela SH Shenhua dengan status pemain pinjaman dari SD Taishan.

Total, Fernandinho mencatatkan 155 penampilan di CSL, dengan torehan 34 gol dan 47 assist. Meskipun konsisten tampil di liga profesional, ia belum pernah memperkuat Timnas Brasil, baik di level senior maupun junior.

Pada tahun 2020, setelah lima tahun tinggal di China, Fernandinho resmi dinaturalisasi menjadi warga negara China dan bergabung dengan Timnas China.

Sejak saat itu, ia sudah tampil dalam tujuh pertandingan dan menyumbangkan satu gol. Penampilannya bersama Timnas China tersebar dari putaran kedua hingga ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. 

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini