News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kualifikasi Piala Dunia 2026

Komentar Shin Tae-yong setelah Timnas Indonesia Keok, Sebut China Menang Modal Blunder Asnawi Cs

Penulis: Drajat Sugiri
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat hadir dalam sesi post match conference kontra Australia di Media Center SUGBK, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2024).

TRIBUNNEWS.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengakui keuletan dan ambisi China untuk memetik kemenangan lebih tinggi ketimbang anak asuhnya.

Namun Shin Tae-yong juga mengklaim, dua gol yang bersarang ke gawang Maarten Paes karena murni blunder yang dilakukan Asnawi Mangkualam cs.

Timnas Indonesia harus mengakui kemenangan China pada matchday keempat Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Selasa (15/10/2024) malam WIB.

Berlangsung di Qingdao Youth Football Stadium, China menang tipis 2-1 atas Timnas Indonesia.

China berhasil unggul di laga ini berkat gol Behram Abduweli dan Zhang Yuning. Sementara Timnas Indonesia memperkecil kedudukan berkat gol Thom Haye.

Para pemain Timnas Indonesia melakukan sesi foto sebelum kick-off pertandingan melawan China di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Ronde Ketiga, Selasa (15/10/2024) di Qingdao Youth Football Stadium. (Twitter @TimnasIndonesia)

Berkat kekalahan ini Timnas Indonesia tertahan di peringkat lima klasemen sementara grup C, sementara China tetap berada di dasar klasemen.

Baik China dan Timnas Indonesia mengoleksi poin yang sama, 3. Bedanya, Timnas Indonesia memiliki defisit gol lebih baik dari China, yakni -1 berbanding -9.

Pasca-pertandingan, Shin Tae-yong, mengakui determinasi Xie Wenneng dan kolega untuk memastikan poin penuh.

"Pertama-tama saya ingin mengucapkan selamat kepada China untuk memenangkan pertandingan. Baik China dan Indonesia memang sama-sama menginginkan kemenangan, namun tuan rumah menunjukkan sesuatu yang lebih," terang Shin Tae-yong dikutip dari laman 163.

Kendati demikian, pelatih asal Korea Selatan ini tidak ingin memvonis bahwa kekalahan atas China, membuat peluang Timnas Indonesia lolos ke putaran Piala Dunia 2026 sirna.

"Meski kalah, Indonesia menunjukkan kondisi kompetitif terbaiknya. Laga ini bukanlah akhir. Kami akan aktif mempersiapkan laga berikutnya dan menunjukkan kondisi kompetitif yang lebih baik," sambung Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong kemudian menyoroti dua gol yang bersarang ke gawang Timnas Indonesia kawalan Maarten Paes.

Menurutnya, dua gol yang membuat Timnas Indonesia gagal memetik poin dalam laga tandang kali ini, dikarenakan kesalahan sendiri.

Baca juga: Timnas Indonesia Keok dari Cina, Tagar STYOut Menggema: Shin Tae-yong Pasang Muka Cemberut

"China mencetak 2 gol dalam pertandingan ini. Indonesia memiliki beberapa masalah dengan konsentrasi selama pertandingan," terang Shin Tae-yong.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini