News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dikabarkan Rilis September 2022 Mendatang, iPhone 14 Usung Layar Berdesain Punch Hole

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

ilustrasi: iPhone 13

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Apple dikabarkan akan meluncurkan rangkaian baru smartphone miliknya, yaitu iPhone 14 pada September 2022 mendatang.

Menanti kehadiran iPhone 14 meluncur, seorang analis ternama Apple yaitu Ming-Chi Kuo menyebutkan bahwa rangkaian smartphone tersebut akan mengusung desain punch hole pada layar.

Menurut Kuo, Apple tidak akan lagi menggunakan desain notch pada layar dan akan menggantinya dengan layar punch hole.

Baca juga: iPhone 14 Dikabarkan Tak Sediakan Lagi Fitur SIM Card Fisik

Dengan desain baru ini, tentunya layar iPhone 14 akan lebih luas. Desain punch hole sendiri sudah digunakan oleh banyak perangkat Android beberapa tahun ini.

Kuo juga mengungkapkan, bahwa minimal model iPhone varian tertinggi akan memiliki desain punch hole dan jika hasilnya diterima kemungkinan semua model iPhone yang akan datang bakal di desain dengan punch-hole.

Menurut kabar yang berkembang di dunia maya model iPhone 14 non-pro akan berukuran 6,1 dan 6,7 inci. Sedangkan untuk iPhone 14 Pro Max 6,7 inci akan ditangani oleh LG Display.

Baca juga: Apes, Pria asal United Kingdom Beli iPhone 13 Pro tapi Malah Dapat Cokelat dan Tisu

Ada yang berbeda, untuk layar iPhone 14 non-pro dengan desain punch hole Apple akan mendapatkan pasokan layar OLED dan Samsung berbeda dengan rangkaian iPhone 14 lain yang menggunakan LG Display.

Selain itu Apple juga dikabarkan akan menghilangkan fitur slot (Subscriber Identification) Module (SIM) Card fisik pada perangkat barunya yaitu iPhone 14.

iPhone 14 disebut tidak akan lagi menggunakan slot SIM Card fisik melainkan embedded SIM Card atau eSIM

Hilangnya SIM Card fisik ini menjadinya iPhone 14 menjadi yang pertama menggunakan eSIM secara keseluruhan. Meski begitu, Apple belum menyebutkan, apakah fitur ini akan dihadirkan secara global atau hanya di wilayah tertentu saja.

Baca juga: Kisah Budi Tertipu Toko Online, Niat Beli iPhone 11 Promax Murah, Rp 9 Juta Amblas

Kemungkinan Apple tidak akan menghadirkan fitur eSIM untuk secara global, melainkan hanya di beberapa wilayah saja.

Teknologi eSIM sendiri memang masih tergolong baru dan implementasinya di pasar global masih belum terlalu merata.

Bisa jadi, Apple akan masih menghadirkan SIM Card fisik untuk beberapa wilayah atau negara pasar yang belum mendukung teknologi eSIM.

Teknologi eSIM sendiri adalah teknologi terbaru Subscriber Identification Module (SIM) atau yang lebih familiar dengan sebutan kartu SIM.

Sebelumnya kartu SIM memiliki tiga ukuran yakni Nano, Micro dan ukuran standar. Uniknya, eSIM tidak memiliki wujud fisik seperti kartu SIM pada umumnya.

eSIM berbentuk modul yang terintegrasi dan melekat di dalam ponsel. Pengguna cukup memindai barcode untuk mengaktifkannya.

Keuntungan menggunakan eSIM Teknologi terbaru tersebut tentunya memiliki banyak keuntungan. Salah satunya adalah proses pergantian nomor atau SIM menjadi lebih praktis, mengingat tidak perlu ada lagi bongkar-pasang kartu SIM.

Apple sendiri sebetulnya telah menghadirkan teknologi ini pada beberapa seri iPhone seperti XR, XS, XS Max, 11, 11 Pro dan 11 Pro Max.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini