News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Jangan Keliru, Ini Perbedaan antara 5G, 5G Plus, 5G UW, dan 5G UC

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi. Jangan Keliru, Ini Perbedaan antara 5G, 5G Plus, 5G UW, dan 5G UC

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Tiga operator jaringan seluler di Amerika Serikat, T-Mobile, Verizon dan AT&T memperluas jaringan 5G mereka secara besar-besaran.

Setelah perluasan jaringan 5G, muncul ikon baru yang samar muncul di sebelah logo 5G. Logo kecil "UW" dan "UC" yang ada di handphone pengguna mewakili berbagai varietas 5G yang ada.

Memasuki era 5G, selain menyiapkan perangkat yang mendukung layanan 5G dapat tersambung di ponsel atau perangkat lainnya, pengetahuan mengenai 5G tentu perlu disiapkan untuk menyambut generasi kelima jaringan seluler yang diperkirakan akan membawa kecepatan 10 Gbps ke ponsel pengguna.

Baca juga: AS Gandeng Indonesia Selenggarakan Lokakarya 5G dan Konektivitas Digital

Jaringan 5G memiliki varietas spektrum pita rendah, menengah dan tinggi yang memberikan kecepatan data yang berbeda. Operator utama AS menggunakan ketiganya dan memiliki penyebutan atau nama yang berbeda. Berikut adalah panduan singkat untuk berbagai varietas 5G di AS dan singkatan yang telah ditetapkan oleh operator yang sudah kami rangkum dari situs Theverge.com, Kamis (3/2/2022):

DASAR-DASAR SPEKTRUM 5G

Layanan 5G pita rendah memiliki jangkauan sinyal yang luas namun kecepatannya tidak jauh berbeda dengan jaringan 4G LTE. Sedangkan untuk pita tinggi 5G, sesuai dengan namanya memiliki kecepatan tinggi hingga saat mengunduh film hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja.

Lalu, mid-band 5G atau pita menengah menawarkan sinyal jangkauan yang lebih jauh serta kecepatan yang lebih cepat dari 4G namun tidak secepat pita tinggi atau high-band.

VERIZON

Operator Verizon menggunakan penyebutan 5G UW atau Ultra Wideband yang mengacu pada 5G high-band dan mid-band. Sampai saat ini, UW hanya mengacu pada jaringan pita tinggi yang juga disebut mmWave. Verizon mengerahkan banyak energi untuk membangun dan mempromosikan jaringan ini, tetapi untuk area terbatas, sinyal bisa sulit untuk ditemukan.

Mulai tahun 2022, Verizon menyalakan spektrum 5G mid-band baru di kota-kota besar dan mengklasifikasikannya juga sebagai Ultra Wideband. Jika ikon 5G UW terlihat di layar ponsel, kemungkinan pengguna sedang berada di jaringan mid-band.

Untuk 5G Nationwid, Verizon mengacu pada 5G low-band atau pita kecil. Jika pengguna terhubung ke jaringan ini, maka akan muncul logo 5G di ponsel tanpa UW di sebelahnya. Saat terhubung dengan jaringan, kecepatannya tidak lebih cepat dari 4G LTE.

Baca juga: FAA Beri Lampu Hijau, 2.000 Menara 5G Milik Verizon Siap Diaktifkan

AT&T

Pada operator AT&T logo “5G+” di layar berarti pengguna terhubung ke spektrum pita menengah dan pita tinggi AT&T. Operator ini telah berupaya untuk membangun jaringan high-band di luar stadion dan terminal hingga bandara. Logo 5G tanpa "Plus" mengacu pada jaringan 5G pita rendah operator, yang tidak jauh lebih cepat daripada LTE.

Kemudian 5G E, yang beberapa tahun lalu dicap oleh AT&T sebagai evolusi 5G, namun sebenarnya ini bukanlah jaringan 5G dan membuat dewan peninjau iklan memberi tahu perusahaan untuk menghentikan penyebutan ini.

Baca juga: Satelit Internet 5G Milik China Siap Saingi Starlink Elon Musk

T-MOBILE

5G UC merupakan jaringan Ultra Capacity yang secara teknis telah mencakup 5G pita tinggi, namun sebagian besar jaringan berpusat pada spketrum pita menengah.

Sementara Verizon dan AT&T baru saja mengaktifkan dan menjalankan jaringan mid-band mereka, T-Mobile memulai dengan spektrum mid-band 2.5GHz yang diambil saat mengakuisisi Sprint. Jika pengguna menemukan logo 5G UC yang ada di layar ponsel mereka, itu jelas menandakan jika mereka tersambung pada jaringan ini.

Jika pengguna menemukan logo 5G tanpa UC, maka hal ini menunjukan bahwa pengguna terhubung ke 5G pita rendah, yang T-Mobile sebut sebagai “Jangkauan Diperluas”. Jaringan ini tidak lebih cepat dari LTE namun memiliki cakupan yang lebih luas daripada 5G mid-band atau high-band.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini