News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Apple Perluas Layanan Perbaikan Mandiri bagi Pengguna MacBook Air dan Pro

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

MacBook Pro. Apple Inc mengumumkan pihaknya akan menawarkan peralatan dan pengetahuan kepada pelanggan untuk memperbaiki laptop Macbook mereka di rumah.

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni
 
TRIBUNNEWS.COM, NEW YORK - Raksasa teknologi Apple Inc pada Senin (22/8/2022) mengumumkan, pihaknya akan menawarkan peralatan dan pengetahuan kepada pelanggan untuk memperbaiki laptop Macbook mereka di rumah.

Pengumuman tersebut datang beberapa bulan setelah Apple meluncurkan layanan perbaikan mandiri untuk perangkat iPhone.

Dilansir dari Reuters, pelanggan dapat menyewa atau membeli set perlengkapan sekali pakai untuk memperbaiki Macbook mereka dengan harga 49 dolar AS. Apple mengungkapkan suku cadang dan peralatan servis mulai tersedia hari ini, Selasa (23/8/2022).

Baca juga: Imbas Ketegangan Amerika dan China, Apple Berencana Pindahkan Produksi Iphone 14 ke India

Layanan perbaikan mandiri ini tersedia untuk model Macbook Air dan Macbook Pro dengan chip M1. Nantinya, pelanggan dapat memperbaiki sendiri kerusakan yang terjadi pada trackpad, baterai, layar dan bagian lainnya. 

Pada bulan April lalu, Apple meluncurkan layanan ini untuk seri iPhone tertentu di Amerika Serikat, dan berencana memperluas layanan tersebut ke Eropa tahun ini.

Perkembangan ini terjadi setelah Apple setuju membayar 50 juta dolar AS atas gugatan perwakilan kelompok (class action) terkait kerusakan keyboard "Butterfly" pada laptop Macbook.

Pelanggan mengklaim tombol pada keyboard Macbook, Macbook Air dan Macbook Pro terasa lengket dan tidak responsif. Selain itu, ditemukan sejumlah debu atau serpihan yang mempersulit proses pengetikan.

Baca juga: Foxconn Inves 300 Juta Dolar AS di Vietnam untuk Genjot Produksi Perangkat Apple

Pada bulan Juli lalu, Apple mencapai penyelesaian terkait gugatan tersebut. Penyelesaian ini mencakup pelanggan yang membeli Macbook, Macbook Air dan sebagian besar Macbook Pro tahun produksi 2015 hingga 2019 di tujuh negara bagian Amerika Serikat yaitu California, Florida, Illinois, Michigan, New Jersey, New York serta Washington.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini