News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Produksi iPhone SE 4 Kalah Populer, Apple Undur Tanggal Rilis Hingga 2024

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Apple dikabarkan menunda peluncuran iPhone SE 4 karena pertimbangan berbagai tekanan bisnis di pasar global.

Laporan Wartawan Tribunnews.com  Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA – Di tengah persaingan ketat para produsen ponsel flagship di dunia, Apple dikabarkan menunda peluncuran gawai anyarnya yakni iPhone SE 4.

Ponsel baru besutan Apple ini awalnya dirumorkan rilis pada awal tahun 2024, namun imbas terpengaruh sejumlah tekanan di pasar global produksi iPhone SE 4 terpaksa diundur hingga akhir 2024.

Batalnya perilisan iPhone SE 4, diketahui publik usai analis Apple ternama Ming-Chi Kuo membocorkan rencana ini. Lewat cuitannya di akun Twitter Kuo menyebut bahwa Apple telah resmi mengundur produksi massal iPhone SE 4.

Kuo menjelaskan bahwa penundaan tanggal rilis iPhone SE 4 lantaran popularitas gawai ini gagal menyaingi produksi ponsel iPhone seri lainnya seperti iPhone SE 3, iPhone 13 mini, dan iPhone 14 Plus.

Hal tersebut yang kemudian membuat permintaan produksi iPhone SE 4 mengalami penyusutan.

"Apple mungkin harus mempertimbangkan kembali positioning produk dan return on investment untuk SE 4," kata Kuo dalam cuitannya, seperti dikutip dari GSMArena.

Dengan menunda tanggal rilis rencananya perusahaan akan mengevaluasi ulang strategi penjualan serta harga dari perangkat iPhone SE.

Ini mengingat biaya produksi ponsel generasi ini memakan banyak biaya lantaran menerapkan konsep desain layar penuh yang berbeda generasi sebelumnya.

Dengan menunda perilisan ponsel pintar baru ini, maka sangat masuk akal apabila Apple dapat menghemat biaya untuk pengembangan produk ditengah isu resesi yang menghantui ekonomi global pada 2023.

Baca juga: Permintaan Pasar Menurun, Apple Kemungkinan Batalkan Peluncuran iPhone SE 4

Sebelum produksinya diundur, iPhone SE 14 atau yang dikenal dengan nama iPhone SE (2024) dirumorkan mengusung beberapa perubahan yang berbeda dari seri terdahulunya, seperti tampilan layar penuh lengkap dengan tombol notch ala iPhone XR.

Karena desain layarnya lebih penuh, iPhone SE 4 kabarnya akan menanggalkan tombol home yang difungsikan untuk Touch ID.

Sebagai penggantinya, iPhone SE 4 akan mengadopsi Face ID untuk membuka tombol power.

Baca juga: CEO Apple Tim Cook: Sensor Kamera Sony Digunakan untuk iPhone

Untuk menunjang tampilan, iPhone SE 4 akan hadir dengan layar jumbo berukuran 6,1 inch yang menggunakan panel OLED atau LCD.

Ukuran ini akan jauh lebih besar apabila dibandingkan dengan iPhone SE 3 yang hanya berukuran 4,7 inch.

Selain itu peningkatan dari segi kamera tampaknya juga dilakukan Apple pada iPhone SE 4 agar hasil bidikan gambar dari gawai ini bisa menjadi lebih optimal.

Baca juga: Daftar Harga iPhone Desember 2022: iPhone 11, iPhone 12 hingga iPhone 14 Pro Max

Apple akan menyematkan satu sensor 12MP di bagian belakang dan selfie shooter 7MP di bagian kamera depan.

Guna menunjang kinerja ponsel iPhone SE 4 juga akan disusupi prosesor A16 Bionic, dengan begini para penikmat gadget dapat menikmati gawai berspesifikasi tinggi  dengan harga terjangkau.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini