News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Gen Z Amerika Tinggalkan Smartphone, Psikolog: Bisa Sehatkan Fisik dan Mental

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi smartphone - Kalangan generasi Z atau gen Z di Amerika Serikat kini menciptakan tren baru dengan beramai-ramai meninggalkan smartphone dan kini beralih ke feature phone demi menjaga kesehatan mental.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kalangan generasi Z atau gen Z di Amerika Serikat kini menciptakan tren baru dengan beramai-ramai meninggalkan smartphone dan kini beralih ke feature phone.

Hal tersebut mereka lakukan demi melindungi kesehatan mental akibat pengaruh smartphone.

Menanggapi tren itu dosen psikologi di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Prof Dr Nurul Hartini SPsi M Kes Psikolog membenarkan bahwa kecanduan smartphone bisa berpengaruh terhadap kesehatan mental maupun fisik.

Kondisi ini berbeda ketika penggunaan smartphone sesuai porsi dan usia akan memberikan dampak positif.

"Kecanduan bisa berdampak sangat luar biasa terhadap kesehatan fisik maupun mental,” jelas Prof Nurul yang dikutip dari laman unair, Kamis (25/05/2023).

Prof Nurul menjelaskan, gangguan penglihatan dan gangguan motorik menjadi gangguan fisik paling nyata akibat smartphone.

Kemudian secara mental, dapat menimbulkan gangguan kognitif dan emosi. Terlebih jika terjadi pada anak-anak dan remaja dampaknya dapat mengganggu kestabilan emosi.

Prof Nurul menambahkan, penggunaan smartphone yang berlebihan membuat seorang anak menjadi pribadi yang tertutup dan kurang melakukan interaksi sosial.

Karena itu, penggunaan smartphone pada anak-anak perlu dilakukan evaluasi secara kualitas dan kuantitasnya.

Baca juga: 10 Rekomendasi Smartphone RAM 4-8 GB dengan Harga Mulai Rp 2 Juta

Terlebih saat terjadinya penurunan motivasi belajar untuk mengurangi penggunaan smartphone.

“Perlu adanya evaluasi terkait dengan kuantitas, berhubungan dengan lama penggunaan dan fitur-fitur yang mereka akses. Kemudian secara kualitas dapat melihat manfaat dari adanya smartphone,” jelasnya.

Baca juga: Ponsel Lipat Google Pixel Fold Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi Lengkap dan Harganya

Prof Nurul menyampaikan, saat penggunaan smartphone sesuai dengan porsi dan kebutuhan maka akan memiliki manfaat dalam meningkatkan kemampuan kognitif pada anak-anak.

“Kalau kita bisa membatasi kedalaman kita sesuai dengan apa yang kita butuhkan, pastinya tidak akan menimbulkan kerugian atau gangguan,” ungkapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini